Sederet Fakta Virus Mpox yang Bisa Menular Lewat Kontak Fisik, Awas Singapura dan Thailand Sudah Terkonfirmasi

Sederet Fakta Virus Mpox yang Bisa Menular Lewat Kontak Fisik, Awas Singapura dan Thailand Sudah Terkonfirmasi

Ilustrasi penyakit Mpox atau cacar monyet-Freepik-freepik.com

JAKARTA, DISWAY.ID - Berhati-hatilah karena virus Mpox atau cacar monyet sudah mulai muncul di Indonesia, bahkan negara tetangga seperti Thailand dan Singapura sudah terkonfirmasi.

Virus Mpox dapat menyebar ke siapa saja melalui kontak fisik secara dekat, personal, dan sering kali kontak kulit ke kulit. Hal itu termasuk kontak langsung dengan ruam, luka, atau koreng Mpox.

Fakta virus Mpox bisa juga menular lewat kontak dengan benda mati seperti kain (pakaian, sprei, atau handuk) dan permukaan yang telah digunakan oleh seseorang yang terkena Mpox.

Mpox adalah penyakit yang disebabkan oleh virus cacar monyet dari hasil infeksi virus yang dapat menyebar antarmanusia, terutama melalui kontak dekat, dan terkadang dari lingkungan ke manusia melalui benda dan permukaan yang telah disentuh oleh penderita mpox.

BACA JUGA:Beda Gejala Mpox yang Mewabah di Afrika dan Indonesia, Ini Penjelasan Dokter

Selain itu penularan virus Mpox berasal dari makanan apa pun yang mengandung bagian tubuh hewan atau daging sehingga harus dimasak hingga matang sebelum dimakan.

Apa yang kita ketahui tentang mpox dan seks?

Mpox dapat menyebar melalui kontak dekat dalam bentuk apa pun, termasuk berciuman, menyentuh, seks oral dan penetrasi vaginal atau anal dengan seseorang yang terinfeksi.

Penyakit ini disebabkan oleh Orthopoxvirus monkeypox, yang sebelumnya disebut "virus monkeypox", virus zoonosis dalam genus Orthopoxvirus. Virus variola, yang menyebabkan cacar, juga termasuk dalam genus ini. Penularan dari manusia ke manusia dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit atau cairan tubuh yang terinfeksi, termasuk hubungan seksual.

BACA JUGA:Pemerintah Beri Vaksin Mpox Hanya untuk Kelompok Tertentu, Siapa Saja?

Bisakah cacar monyet disembuhkan?


Kemenkes RI perketat akses masuk Indonesia, cegah virus cacar monyet. --Getty Images/JUN LI

Jawabannya adalah Ya. Bagi kebanyakan orang, cacar monyet bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan dan gejalanya bisa diatasi di rumah.

Akan tetapi seseorang yang terkena cacar monyet bisa menularkan cacar monyet sejak gejala pertama kali muncul hingga ruamnya sembuh total.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: