Pendaftaran Bakal Cagub-Cawagub Ditutup, Ini Paslon di Pilkada Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, Hingga Banten

Pendaftaran Bakal Cagub-Cawagub Ditutup, Ini Paslon di Pilkada Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, Hingga Banten

Pendaftaran Bakal Cagub-Cawagub Ditutup, Ini Paslon di Pilkaa Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, Hingga Banten---Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID -  Update info Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024, update pendaftaran calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang sudah ditutup pada hari ini, Jumat 30 Agustus 2024.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 menjelaskan bahwa pendaftaran cakada bisa dimulai sejak tanggal 27 Agustus 2024 hingga 29 Agustus 2024.

Dan untuk pelaksanaan pemugnutan suara bakal berlangsung pada Rabu, 27 November 2024.

Sudah kelima kalinya sistem Pilkada Serentak bisa terlaksana di Indonesia, tapi pertama kali melibatkan langsung semua provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

BACA JUGA:Pemeriksaan Kesehatan Cagub dan Cawagub Jakarta di RSUD Tarakan, PMJ Siagakan Ratusan Personel Gabungan

Kini sudah ada beberapa calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang mendaftarkan diri pasca diusung partai politiknya masing-masing. Simak daftarnya:

1. Ridwan Kamil - Suswono (DKI Jakarta)

Pendaftaran RK-Suswono di KPU DKI Jakarta dilakukan pada Rabu, 28 Agustus 2024 dengan didukung dari 13 partai, antara lain Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dengan dukungan yang kuat ini, RK-Suswono diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi DKI Jakarta.

BACA JUGA:Jubir Ungkap Alasan Utama Anies Tolak Tawaran Maju Cagub Jabar dari PDIP

2. Dharma Pongrekun - Kun Wardana (DKI Jakarta)

Duet Dharma-Kun yang berada di jalur independen sempat dikelilingi dengan kontroversi terkait penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) tanpa izin untuk mendukung pencalonan mereka.

Meski begitu, isu-isu tersebut telah terbantahkan dengan dukungan yang diberikan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kepada duet Pramono Anung-Rano Karno. Dengan demikian, upaya untuk memastikan Pilkada Jakarta tidak berakhir dengan kotak kosong semakin solid.

BACA JUGA:Akhirnya Datang Juga, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Daftar Cagub-Cawagub ke KPU DKI Malam Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: