KA Menoreh Bakal Gunakan Rangkaian New Generation Versi Modifikasi Mulai 1 September 2024

KA Menoreh Bakal Gunakan Rangkaian New Generation Versi Modifikasi Mulai 1 September 2024

KA Menoreh gunakan rangkaian new generation mulai 1 September 2024--KAI

JAKARTA, DISWAY.ID - KAI akan mengoperasikan kereta ekonomi new generation versi modifikasi pada KA 225F (KA Menoreh relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Pasarsenen) dan KA  226F (KA Menoreh relasi Pasar Senen - Semarang Tawang Bank Jateng) terhitung mulai 1 September 2024. 

Selain KA Menoreh mulai 1 September, KAI juga melakukan penggantian satu trainset kereta new generation untuk operasional KA Lodaya relasi Solo Balapan-Bandung PP

Sehingga semua perjalanan KA Lodaya per 1 September 2024 sudah menggunakan kereta new generation.

BACA JUGA:Jadwal Konser MALIQ & D'Essentials Tahun 2024, Mulai Surabaya, Bali, hingga Malaysia

VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, upgrade kereta kelas ekonomi tersebut menggantikan jenis kursi berhadapan menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi dengan 72 tempat duduk.

Kursi pada kereta ekonomi new generation sudah berjenis captain seat yang akan meningkatkan kenyamanan pelanggan dengan waktu tempuh yang panjang, karena memiliki desain kursi yang ergonomis dilengkapi fitur pengatur kemiringan (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

BACA JUGA:Link Nonton Drama Korea Queen Woo Sub Indo Episode 1-8, Kisah Pertahanan Tahta Jeon Jong So dan Ji Chang Wook

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience. Sehingga tetap relevan dan adaptif dengan perkembangan zaman dan profil pelanggan,” kata Anne.

Selain pada kursi, kereta ekonomi new generation versi modifikasi ini juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu di dalam kabin kereta. 

BACA JUGA:Rangkul Anak Berkebutuhan Khusus, Pertagas Goes to School Sebarkan Semangat Nasionalisme dan Kesetaraan di SLB Fajar Amanah

Interior kereta juga dimodifikasi menyerupai kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah, dengan sentuhan aksen kayu pada bagian jendela yang memberikan kesan klasik dan elegan. 

Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan penggunaan toilet duduk dilengkapi wastafel dan hand dryer. 

Selain itu tersedia tempat ibadah di kereta restorasi. 

Kereta Menoreh new generation ini merupakan hasil inovasi sarana yang dilakukan oleh Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: