Jelang 47 Hari Pemerintahannya Berakhir, Jokowi Resmikan 4 Seksi Jalan Tol Sigli Banda Aceh Sepanjang 35 Km

Jelang 47 Hari Pemerintahannya Berakhir, Jokowi Resmikan 4 Seksi Jalan Tol Sigli Banda Aceh Sepanjang 35 Km

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Iriana Joko Widodo, meresmikan 4 seksi Jalan Tol Sigli Banda Aceh garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) --BPMI Setpres

JAKARTA, DISWAY.ID - Menjelang 47 hari pemerintahannya berakhir, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Iriana Joko Widodo, meresmikan 4 seksi Jalan Tol Sigli Banda Aceh garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) pada hari ini, Senin, 9 September 2024. 

Jalan tol tersebut meliputi Seksi 2 Seulimeum Jantho (6 km), Seksi 3 Jantho Indrapuri (16 km), Seksi 5 (Blang Bintang Kuto Baro (8 km), Seksi 6 Kuto Baro Baitussalam (5) km) yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Presiden Jokowi menekankan bahwa jalan tol merupakan infrastruktur yang sangat penting untuk meningkatkan konektivitas. 

BACA JUGA:Dikebut Hingga Akhir Tahun, Balikpapan-IKN Via Jalan Tol Kurang dari 1 Jam

Percepatan pembangunan jalan tol akan terus dilakukan, termasuk pada Jalan Tol Trans Sumatera yang nantinya akan terhubung sepanjang 2.998 Km yang akan tersambung dari Lampung sampai ke Aceh. 

"Kami berharap dengan adanya JITS akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi di Pulau Sumatra serta peningkatan efisiensi waktu tempuh dan multiplier effect," pungkas Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Jokowi mengungkapkan, peresmian empat dari enam seksi Tol Sigli Banda Aceh sepanjang 35 km, telah dibangun sejak 2019. 

BACA JUGA:Jokowi Sebut Pemerintahannya Bangun 366 Ribu KM Jalan Desa dan 2.700 KM Jalan Tol Baru

"Saya yakin dengan terbangunnya infrastruktur ini akan menumbuhkan titik ekonomi dan usaha baru serta memotivasi usaha mikro untuk melakukan perluasan usaha dan membangkitkan perekonomian di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam," ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim menyampaikan Jalan Tol Sigli Banda Aceh terdiri dari 6 seksi dengan panjang total 74,2 km.

Tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sangat penting bagi pengembangan infrastruktur di bagian paling Barat Indonesia. 

BACA JUGA:Pj. Gubernur Heru Raih Penghargaan Kemendagri Berkat Turunkan Inflasi di Jakarta

Adapun, Adjib mengatakan secara keseluruhan nilai investasi pembangunan Jalan Tol Sigli Banda Aceh sebesar Rp 13,55 Triliun. 

"Hingga saat ini, kami telah berhasil mengoperasikan 49 km dari jalan tol tersebut, termasuk empat seksi yang diresmikan Bapak Presiden hari ini. Kami juga menargetkan untuk menyelesaikan pembangunan Seksi 1 yang tersisa pada akhir tahun, sehingga jalan tol dapat segera dioperasikan sepenuhnya," ujar Adjib. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: