Selamat Jalan James Earl Jones, Pengisi Suara Star Wars Darth Vader Tutup Usia

Selamat Jalan James Earl Jones, Pengisi Suara Star Wars Darth Vader Tutup Usia

Selamat Jalan James Earl Jones, Pengisi Suara Star Wars Darth Vader Tutup Usia-starwars--

JAKARTA, DISWAY.ID - James Earl Jones, seorang aktor yang memiliki suara merdu dan menjadi pengisi suara tokoh antagonis utama Star Wars, Darth Vader, meninggal dunia di usia 93 tahun pada Senin, 9 September 2024.

Jones meninggal di rumahnya di Dutchess, New York, tanpa menyebutkan penyebab kematian. Awalnya, James Earl Jones bukanlah pilihan utama untuk peran Vader.

Binaragawan Inggris David Prowse dipilih pertama kali untuk memerankan karakter tersebut, namun George Lucas, sutradara film, merasa tidak puas dengan aksen West Country Prowse yang mencolok.

Sehingga pada akhirnya Jones diminta untuk mengisi suara karakter tersebut, menciptakan sosok penjahat yang ikonik.

BACA JUGA:Tayang Hari Ini, Ini 5 Fakta Menarik Serial Star Wars: The Acolyte

Meskipun pada awalnya tidak begitu terkenal, Jones akhirnya menjadi terkenal setelah film Star Wars ketiga, yang dirilis pada tahun 1983.

Suara Jones terdengar dalam enam film Star Wars, termasuk trilogi asli, The Revenge of the Sith, Rogue One, dan The Rise of Skywalker.

Selain itu, Jones juga membintangi Holiday Special tahun 1978 dan serial TV Star Wars: Rebels antara tahun 2014 dan 2018.

Jones juga berhasil meraih kesuksesan besar sebagai pengisi suara Mufasa dalam film animasi Disney, The Lion King, pada tahun 1994.

BACA JUGA:Kepala Pertahanan Rudal Israel: Program Pertahanan 'Star Wars' Kami Tidak Sia-Sia

Kematiannya di tangan Scar dalam film tersebut masih mengguncang generasi anak-anak hingga saat ini. Jones kembali menghidupkan karakter Mufasa dalam remake tahun 2019 yang disutradarai oleh Jon Favreau.

James Earl Jones lahir di Mississippi pada tahun 1931 dan dibesarkan di Michigan setelah keluarganya pindah selama Migrasi Besar.

Ayahnya, Robert Earl Jones, merupakan seorang aktor, meskipun mereka memiliki sedikit hubungan langsung sampai tahun 1950-an. Jones mengalami gagap saat kecil, namun berhasil mengatasinya dengan bantuan seorang guru.

Setelah belajar drama di Universitas Michigan dan menjabat di militer setelah Perang Korea, Jones memulai debutnya di Broadway pada tahun 1958.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: