Pembangunan Venue PON XXI Aceh-Sumatera Utara Habiskan Dana Hingga Rp 881 Miliar

Pembangunan Venue PON XXI Aceh-Sumatera Utara Habiskan Dana Hingga Rp 881 Miliar

Pembangunan, peningkatan, pemugaran sarana dan prasarana di Aceh untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 mencapai Rp 811 miliar.-Kemenpora-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pembangunan, peningkatan, pemugaran sarana dan prasarana di Aceh untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 mencapai Rp 811 miliar.

Pengeluaran tersebut mencakup total 18 lokasi yang tersebar di berbagai daerah di Aceh, khususnya di Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, dan Aceh Tengah.

Presiden Joko Widodo meresmikan tempat penyelenggaraan di Stadion H. Dimurthala, Banda Aceh, didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo pada Senin sore, 9 September 2019.

BACA JUGA:Lirik Lagu Bruno Mars - Just The Way You Are Lengkap Terjemahan, Buat Sing Along di Konser Jakarta

BACA JUGA:VIRAL! Pertandingan Voli PON XXI Aceh-Sumut 2024 Ditunda Gegara Jalanan Akses ke Venue Rusak dan Berlumpur

Dalam kesempatan itu, Joko Widodo menekankan pentingnya perawatan berkelanjutan terhadap sarana yang mahal tersebut, yang seharusnya tetap dilakukan oleh pemerintah daerah meskipun PON telah berakhir.

"Saya tidak ingin setelah PON usai, fasilitas yang dibangun dengan dana yang sangat besar ini menjadi tidak terawat dan akhirnya rusak," ujar Joko Widodo dalam keterangan resmi PON XXI.

Setelah penyelenggaraan empat tahunan tersebut, sarana olahraga di berbagai daerah penyelenggara PON kerap kali terbengkalai.

BACA JUGA:Kemenperin Resmi Buka Kelas Vokasi Pertamanya di Jepang

BACA JUGA:BPH Migas Rangkul Pemda Awasi Penyaluran BBM Subsidi Agar Tepat Sasaran

Presiden menekankan agar kejadian buruk seperti itu tidak terulang lagi di masa mendatang.

Ia menyatakan, fasilitas seperti ini perlu dikelola secara profesional agar dapat dimanfaatkan secara efektif untuk kebutuhan di masa mendatang.

"Manfaatkan venue ini sebagai tempat pembinaan dan pelatihan atlet unggul, bukan hanya untuk PON, tapi juga untuk peningkatan prestasi olahraga di tingkat nasional dan internasional," ucapnya.

PON XXI 2024 mendatang akan menjadi ajang perdana yang akan diselenggarakan serentak di dua provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait