Hadapi Persaingan, Pemprov DKI Revitalisasi Pasar Tradisional dan Terapkan Transaksi Digital

Hadapi Persaingan, Pemprov DKI Revitalisasi Pasar Tradisional dan Terapkan Transaksi Digital

Pedagang lebih nyaman berjualan usai revitalisasi pasar.-Cahyono -

Sri juga sudah menyediakan sistem pembayaran melalui QRIS bagi pembeli. Bagian depan pasar diisi kios kosmetik, pakaian, toko emas, dan perlengkapan rumah tangga. Sedangkan di belakang pasar, dikhususkan untuk pedagang sayuran, buah, daging, ayam, serta bahan pokok lainnya.

"Kalau depan memang kios-kios gitu, semua full terisi," terangnya.

Sri mengungkapkan, Pasar Gembrong selalu dipadati pengunjung setiap hari. Pasalnya, pasar ini menyediakan hampir segala kebutuhan rumah tangga. "Ramainya pagi sampai siang, kayak pasar biasanya," pungkas Sri.

Selain Pasar Gembrong, PD Pasar Jaya juga sudah merenovasi Pasar Cilincing yang diresmikan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada 7 Februari 2024. Berdasarkan data yang diperoleh dari pihak pengelola, Pasar Cilincing memiliki fasilitas area parkir untuk motor dan mobil, toilet pria, wanita, dan difabel, Jakmart, musala, ruang klinik, ruang laktasi, area perbankan, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Jakbook, serta fasilitas olahraga.

Menanggapi revitalisasi pasar tradisional di bawah Perumda Pasar Jaya, anggota DPRD DKI Jakarta August Hamonangan berharap agar revitalisasi pasar dibarengi dengan penataan posisi pedagang yang sesuai dengan kategori produk jualannya.

Tujuannya agar pembeli mudah menemukan produk atau barang yang dicari, dan antarpembeli atau antarpedagang tidak bercampur.

August mencontohkan produk sayur mayur dan rumah tangga yang terpisah. “Misalnya, jenis daging, sayur mayur, dan kebutuhan makanan terpisah dengan buah-buahan serta peralatan lain," paparnya.

August pun mengharapkan perbaikan berlaku untuk lokasi binaan, karena pembeli cukup terlayani di lokbin.

Ia berharap, dengan kestabilan harga dan kemudahan warga Jakarta, aktivitas belanja sehari-hari bisa menumbuhkan perekonomian Jakarta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: