64% UMKM Dikelola Perempuan, Bu Mira Jadi Sahabat Literasi Keuangan dan Akses Kredit

64% UMKM Dikelola Perempuan, Bu Mira Jadi Sahabat Literasi Keuangan dan Akses Kredit

Mercy Corps Indonesia dan Nikel, dengan dukungan dari Mastercard Center for Inclusive Growth dan United States Agency for International Development (USAID)--Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID – Lebih dari 64 persen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia dikelola oleh perempuan. 

Maka UMKM perempuan di Indonesia akan mendapat dukungan pertumbuhan bisnis dan sumber daya keuangan. 

Mercy Corps Indonesia dan Nikel, dengan dukungan dari Mastercard Center for Inclusive Growth dan United States Agency for International Development (USAID), dengan bangga mengumumkan kerjasama untuk memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah perempuan (“W-SMEs”) di Indonesia. 

BACA JUGA:Cawagub Kun Wardana Klaim Janjikan Pembinaan Berkelanjutan UMKM Jakarta

UMKM bakal mendapat dukungan pertumbuhan bisnis dan sumber daya keuangan yang disalurkan melalui chatbot inovatif di WhatsApp – “Bu Mira”. 

Hal ini menegaskan kembali komitmen seluruh pihak yang terlibat untuk mendorong inklusi keuangan melalui kemitraan dengan pemangku kepentingan, termasuk pembuat kebijakan, lembaga keuangan, dan masyarakat, di Indonesia hingga tingkat global. 

BACA JUGA:Strategi Perbankan dalam Membantu UMKM Berikan Akses Kredit Lebih Mudah

Lebih dari 64 persen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia dikelola oleh perempuan, menunjukkan kontribusi signifikan mereka terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.  

Hambatan tersebut meliputi keterbatasan literasi keuangan, tidak adanya kepemilikan aset untuk jaminan pinjaman, terbatasnya kesempatan berjejaring, keterbatasan mobilitas karena tanggung jawab rumah tangga, dan ketergantungan pada suami dalam pengambilan keputusan.

Akibatnya, mereka tidak memiliki akses ke pengetahuan dan layanan keuangan, yang sangat menghambat pertumbuhan bisnis mereka.    

Mercy Corps Indonesia, dengan dukungan dari Mastercard Center of Inclusive Growth, telah menjawab tantangan ini melalui program Mastercard Strive yang telah menjangkau lebih dari 52.000 usaha kecil melalui kampanye digital, pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan, pendampingan, dan/atau inisiatif pertukaran pengetahuan.

BACA JUGA:Pelemahan Daya Beli Masyarakat Ancam Pelaku UMKM

Diluncurkan di Indonesia pada 2023, Mastercard Strive merupakan sebuah inisiatif tiga tahun yang bertujuan untuk memberdayakan 300.000 usaha kecil di Indonesia agar dapat meraih kesuksesan di era ekonomi digital.

Sementara itu, Nikel dan USAID bermitra dalam program ‘Financial Inclusion for Women-SMEs in Indonesia’ (“Finclusion”) yang bertujuan untuk memberdayakan para wirausaha perempuan dalam meraih kesuksesan usaha.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: