Industri Komitmen Kurangi Emisi Karbon dengan Penggunaan Energi Terbarukan

Industri Komitmen Kurangi Emisi Karbon dengan Penggunaan Energi Terbarukan

Ajinomoto menambah sumber energi ramah lingkungannya dengan bekerjasama bersama PT PLN (Persero) untuk penggunaan listrik dengan Renewable Energy Certificate (REC).--Istimewa

Menurut Samsul, kontribusi Ajinomoto Indonesia dalam mengurangi dampak lingkungan termasuk ke dalam salah satu inisiatif perusahaan yang disebut sebagai Ajinomoto Health Provider. Ajinomoto Health Provider juga merupakan sebutan bagi seluruh karyawan Ajinomoto Indonesia yang dibekali dengan pengetahuan terkait aktivitas yang mendukung penerapan pola hidup sehat dan aktivitas yang mendukung kelestarian lingkungan yang dimiliki Grup Ajinomoto Indonesia.

Sehingga, seluruh Ajinomoto Health Provider diharapkan dapat membagikan edukasi terkait aktivitas yang mendukung penerapan pola hidup sehat dan aktivitas yang mendukung kelestarian lingkungan kepada keluarga dan masyarakat sekitar.

“Selain aktivitas dekarbonisasi yang disebutkan tadi, di bidang lingkungan kami sebagai Ajinomoto Health Provider juga mengolah limbah yang ada dari proses produksi produk MSG menjadi produk samping bernilai tambah (co-products) seperti AJIFOL (pupuk daun), AMINA (pupuk tanah), dan FML (tambahan nutrisi pakan ternak), yang bermanfaat di bidang pertanian dan peternakan. Proses ini Ajinomoto lakukan sebagai praktik siklus-bio guna menciptakan proses produksi yang ramah lingkungan. 

BACA JUGA:Gunakan Teknologi Paling Canggih, Efisien dan Ramah Lingkungan, PLN Operasikan PLTGU Tambak Lorok 779 MW

Kemudian, menyoroti permasalahan pengelolaan sampah plastik di Indonesia yang jumlahnya dari tahun ke tahun kian meningkat.

Grup Ajinomoto Indonesia turut berkontribusi menanggulangi masalah tersebut melalui berbagai langkah seperti: pengurangan material plastik pada bagian header part serta menghilangkan plastik inner part pada Brand Masako®, selain itu Ajinomoto juga melakukan inovasi produk baru kemasan kertas yang bisa mengurangi hingga 30% penggunaan material plastik pada produk MSG AJI-NO-MOTO®.

"Bukan hanya itu saja, dalam rangka meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengelola sampah plastik, Ajinomoto juga bekerjasama dengan salah satu platform layanan daur ulang untuk menarik kembali sampah plastik di masyarakat agar tidak mencemari laut Indonesia,” ungkap Samsul.

Melalui kontribusi Health Provider, Ajinomoto berharap dapat menginspirasi banyak pihak untuk melakukan gerakan lainnya yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat bersama keluarga, sambil terus menjaga kelestarian lingkungan.

Ajinomoto berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dengan memperpanjang harapan hidup sehat keluarga Indonesia melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi, serta menciptakan bisnis yang ramah lingkungan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: