Wasit Tinju PON XXI Aceh-Sumut 2024 Dinilai Tak Netral dan Berpihak ke Tuan Rumah Kini Telah Diberhentikan

Wasit Tinju PON XXI Aceh-Sumut 2024 Dinilai Tak Netral dan Berpihak ke Tuan Rumah Kini Telah Diberhentikan

PON XXI Aceh-Sumut 2024.-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Terjadi lagi kasus wasit di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut) 2024 yang menuai kontroversi akibat penilaiannya berpihak kepada tuan rumah.

Wasit tinju yang mempertemukan petinju asal Sumut Joshua Juan Vargas Harianja melawan petinju Lampung Rusdianto Suku melakukan tindakan yang cukup kontroversi.

Dalam pertandingan tinju kelas 75-80kg di PON 2024, wasit bernama Roike Wane dinilai kerap membuat keputusan yang merugikan petinju asal Lampung.

BACA JUGA:Viral Atlet Judoka PON XXI di Aceh Dapat Snack Santan Kemasan dan Roti, Netizen Heran

BACA JUGA:Koleksi 256 Medali, Jakarta Pimpin Klasemen Sementara PON XXI Aceh-Sumut 2024

Joshua Juan Vargas Harianja yang tampak beberapa kali terkapar justru keluar sebagai juara.

Sedangka Rusdianto yang tampil jauh lebih maksimal justru harus rela atas kemenagan lawannya.

Dalam video yang beredar, terlihat Joshua yang sudah lemas mendapat pukulan dari Rusdianto namun sang wasit tidak menghentikan pertandingan.

Hal itu lantas dinilai bahwa sang wasit sengaja mengulur waktu agar petinju asal Sumut itu bisa kembali bangkit dan memulihakan kondisi.

BACA JUGA:Tangis Pemain Sepakbola Tim Sulteng di Ruang Ganti PON XXI, Netizen: Cengeng Lu, Habis Pukul Wasit Nangis!

BACA JUGA:Sosok Eko Agus Sugiharto Wasit Aceh vs Sulteng PON 2024 yang Dipukul Pemain hingga Terkapar, Banjir Kartu Merah!

Tak henti sampai situ, bahkan kondisi Joshua yang sering terkapar justru dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans meski ia dinyatakan sebagai pemenang.

Mengetahui hal tersebut, wasit Roike Wane diberhentikan oleh Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) dan Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina).

Keputusan ini merupakan tindak tegas terhadap wasit tinjut Roike Wane yang membuat jalannya pertandingan menjadi kontrovesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: