Menteri PUPR Basuki Pamer Update KIPP IKN ke DPR dan Kapolri

Menteri PUPR Basuki Pamer Update KIPP IKN ke DPR dan Kapolri

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyambut kunjungan anggota Komisi V DPR RI dan jajaran Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit di Ibu Kota Nusantara (IKN).-Dok. PUPR-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyambut kunjungan anggota Komisi V DPR RI dan jajaran Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Pada Kunjungan Komisi V DPR RI dilakukan di Embung MBH, Taman Kusuma Bangsa dan Rumah Susun ASN 1 IKN. Sedangkan untuk, kunjungan jajaran Kapolri dilakukan di Embung MBH.

Menteri Basuki atau yang lebih akrab disapa Pak Bas menerangkan, Kementerian PUPR telah membangun 22 embung di kawasan IKN.

BACA JUGA:Rekan Setim Pratama Arhan di Suwon FC Disanksi Seumur Hidup: Terlibat Pengaturan Skor di Cina!

BACA JUGA:Chelsea Tawarkan Penukaran Trio Senilai Rp 2 Triliun, Inter Milan Minat Tukar Lautaro Martinez?

Termasuk salah satunya Embung MBH yang berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

"Kementerian PUPR telah menyelesaikan 22 embung seperti ini, nanti pada Desember 2024 jumlahnya akan menjadi 30 embung. Fungsinya untuk konservasi air," terang Pak Basuki pada Sabtu, 14 September 2024. 

"Jadi semua run off yang berasal dari catchment area, ditampung dalam embung-embung ini. Sebelum air masuk ke embung ini, kita memakai teknik sedimentasi trap, sehingga begitu masuk ke embung ini, sungainya sudah cukup jernih," tambahny 

Pak Basuki mengatakan, secara teknis Embung MBH memiliki kapasitas volume tampungan sebesar 66 ribu m3, dengan luas tampungan 28.150 m2.

BACA JUGA:Pangeran Harry Ulang Tahun ke-40, Meghan Markle Gelar Pesta Sederhana

BACA JUGA:Cegah Kecurangan Pilkada Kotak Kosong, Begini Antisipasi KPU

Sementara, untuk kedalamannya adalah 5-6 meter dan sudah tersedia jogging track sepanjang 3 km.

“Sehingga kalau pagi, dapat dipakai untuk jogging. Saya kira ini merupakan spot paling baik, karena dari sini terlihat pemandangan Istana Garuda, Istana Negara, dan kantor-kantor Kementerian Koordinator,” tutur Pak Bas.

Pak Basuki juga menerangkan, seluruh pembangunan infrastruktur di IKN harus memperhatikan 3 hal utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: