Kemenpora Akan Audit Terkait Dugaan Penyelewengan Dana PON XXI Aceh-Sumut 2024

Kemenpora Akan Audit Terkait Dugaan Penyelewengan Dana PON XXI Aceh-Sumut 2024

Menpora Dito Ariotedjo -disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pemerintah bertindak cepat menyusul munculnya sejumlah dugaan "liar" terkait penyelewengan dana Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan melakukan audit terhadap penggunaan dana PON Aceh-Sumut 2024.

BACA JUGA:Jadwal Semifinal Sepak Bola Putra PON XXI Aceh-Sumut 2024, Lengkap Link Live Streamingnya

BACA JUGA:Erick Thohir Antusias Saksikan Laga Final Sepak Bola Putri PON XXI Aceh-Sumut 2024

Audit tersebut dilakukan untuk memberikan kepercayaan kepada seluruh pemangku kepentingan, sekaligus menjamin transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

Selain itu, hal ini juga untuk menjaga integritas penyelenggaraan even berskala nasional, tanpa bermaksud menimbulkan tekanan atau kekhawatiran di kalangan penyelenggara.

"Ini adalah acara besar dengan anggaran besar, sehingga perlu pertanggungjawaban yang besar pula. Kami ingin memastikan bahwa setelah PON usai, semua pihak yang telah bekerja keras dapat merasa tenang karena semua proses diaudit secara transparan dan akuntabel," ungkap Menteri Pemuda dan Olahrana (Menpora) Dito Ariotedjo dalam keterangan resmi.

BACA JUGA:Wasit Tinju PON XXI Aceh-Sumut 2024 Dinilai Tak Netral dan Berpihak ke Tuan Rumah Kini Telah Diberhentikan

BACA JUGA:Viral Atlet Judoka PON XXI di Aceh Dapat Snack Santan Kemasan dan Roti, Netizen Heran

Persoalan tersebut mencuat menyusul beberapa kejadian viral di ajang PON ini. Termasuk di antaranya adalah venue pertandingan yang belum rampung, serta anggaran makan atlet yang menunya dinilai sangat tidak layak.

Sejak awal penyelenggaraan, ajang olahraga multievent utama di tanah air ini telah memiliki Satgas Tata Kelola yang bekerja sama dengan Bareskrim dan Badan Intelijen Kejaksaan Agung untuk mengawasi ketat alokasi anggaran PON Aceh-Sumut 2024.

"Kami ingin masyarakat tahu, bahwa (sejak awal) seluruh proses pengawasan sudah berjalan dan diawasi oleh pihak berwenang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: