Update Gempa Bumi Bandung, Berikut Peta Persebaran 491 Rumah Rusak yang Terdampak

Update Gempa Bumi Bandung, Berikut Peta Persebaran 491 Rumah Rusak yang Terdampak

Gempa Bumi M 5.0 Guncang Bandung Raya, Sejumlah Bangunan Rusak Berat-Dok. BNPB-

JAKARTA, DISWAY.ID - Gempa bumi M 5,0 yang mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengakibatkan sebanyak 491 rumah mengalami rusak dan 81 warga mengalami luka ringan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan (BNPB) Abdul Muhari membenarkan adanya kerusakan pada rumah dan warga luka-luka yang disebabkan oleh gempa tersebut.

"Rumah terdampak di Kabupaten Bandung dilaporkan sebanyak 491 unit. Berdasarkan data total korban luka sebanyak 81 orang di Kabupaten Bandung,” jelas Abdul saat Press Conference melalui Zoom pagi WIB.

BACA JUGA:Kereta Cepat Whoosh Kembali Beroperasi Normal Pasca Gempa Mulai Hari Ini

Lebih lanjut Abdul mengatakan bahwa bukan hanya rumah warga saja yang mengalami kerusakan. Tetapi, beberapa fasilitas yang ada seperti rumah sakit, tempat pendidikan, pemerintah dan tempat ibadah.

"Selain tempat tinggal, dampak pada bangunan di wilayah ini, di antaranya fasilitas kesehatan 5 unit, pendidikan 9 unit. Gedung pemerintah 2 unit, fasilitas umum 18 unit dan tempat ibadah 27,” katanya.

BACA JUGA:Polda Jabar Turun ke Lokasi Gempa Kabupaten Bandung, Ikut Lakukan Evakuasi Korban

Tak hanya Bandung yang terdampak, tetapi Garut pun merasakan guncangan yang dahsyat sehingga membuat 209 rumah warga serta tujuh tempat pendidikan dan lima tempat ibadah terkena imbasnya.

Abdul memaparkan bahwa data yang diterima dari monitor BNPB Jawa Barat. Berikut adalah daerah yang merasakan gempa berkekuatan 5,0 skala Richter di wilayah kecamatan Bandung dan Garut:

BACA JUGA:Bukan Sesar Garsela, Gempa Bumi Bandung Dipicu Patahan Aktif yang Belum Terpetakan

1. Kabupaten Bandung

• Kecamatan Kertasari

• Kecamatan Pangalengan

• Kecamatan Ibun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: