Beasiswa Baznas untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Beasiswa Baznas untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

DR Muhtadi M.Si, Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.-ist-

SETIAP 29 September kita selalu memperingati Hari Sarjana Indonesia. Momentum peringatan ini bagi bangsa Indonesia memiliki makna penting karena pembangunan sumber daya manusia adalah jalan atau wahana menuju kemajuan.

Sumber daya manusia yang cerdas dan produktif merupakan input penting untuk kemajuan suatu bangsa.

Sumber daya manusia menjadi kata kunci untuk kemajuan suatu bangsa dalam bidang apapun. Oleh karena itu, SDM kreatif dan produktif menjadi penting bagi perjalanan suatu bangsa untuk lebih maju di tingkat global.

BACA JUGA:Baznas Salurkan Zakat Perusahaan PT Adev Natural Indonesia Senilai Rp 1.1 Miliar

Pendidikan merupakan jalan utama menuju pembangunan sumber daya manusia. Pendidikan menjadi variabel penting bagi suata negara untuk membangun manusia yang berkualitas dan kompeten. Yakni manusia yang memiliki keahlian dan kompetensi untuk membangun peradaban yang maju.

Faktor pendidikan memerlukan pendanaan berupa beasiswa agar masyarakat miskin dan tidak mampu mendapatkan akses pembelajaran dan pengajaran yang berkualitas.

Beasiswa merupakan pemutus mata rantai dari kemiskinan bagi orang-orang tidak mampu karena akan menaikkan level mereka pada individu yang berpendidikan.

Sebagaimana dikatakan Nelson Mandela bahwa “Pendidikan Adalah Senjata Paling Ampuh yang Dapat Anda Gunakan untuk Mengubah Dunia”. Pendidikan instrumen yang ampuh dalam memberdayakan mereka yang tidak beruntung menjadi beruntung di hari ini maupun masa depan nanti.

Beasiswa salah satunya disediakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yakni Beasiswa Cendekia Baznas.

Beasiswa Baznas ini merupakan sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dimana hal ini merupakan amanah dan tugas dari konstitusi kita yakni, pembukaan UUD 1945 alinea keempat yang berbunyi: “…mencerdaskan kehidupan bangsa…”.

Amanat konstitusi ini wajib diimplementasikan dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan pemberian akses pendidikan yang sama bagi seluruh warga negara Indonesia.

BACA JUGA:Baznas dan Mitra Bukalapak Permudah Pembayaran ZIS Secara Digital

Pendidikan untuk semua warga negara agar mereka dapat lebih berdaya dan produktif untuk diri maupun masyarakat serta negaranya.

Adapun besiswa Baznas sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan banggsa antara lain; Beasiswa Cendekia Baznas Ma’had Aly, Beasiswa Cendekia Baznas Timur Tengah, Beasiswa Cendekia Baznas di 101 Perguruan Tinggi Negeri, Beasiswa Santri Baznas, Beasiswa Riset Kategori Umum dan MAZAWA. Beasiswa Baznas Kemitraan khusus Disabilitas, Daerah 3T dan Kelompok Adat. Dimana beasiswa ini tentu saja sangat bermanfaat bagi penerimanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: