BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat di Wilayah Indonesia 24-25 September 2024, Cek Lokasinya

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat di Wilayah Indonesia 24-25 September 2024, Cek Lokasinya

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Buruk di Wilayah Indonesia 24-25 September 2024, Catat Lokasinya---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) secara resmi telah mengeluarkan peringatan dini adanya potensi cuaca buruk berupa hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada tanggal 24-25 September 2024.

Ada beberapa wilayah yang dikategorikan waspada yang dilihat dari peta prakiraan dengan basis dampak hujan lebat yang sudah ditetapkan.

Contohnya wilayah Kalimantan Utara, yang mana dua hari berturut-turut diperkirkaan bakal mendapat terpaan hujan lebat berturut-turut.

Dengan demikian potensi dampak hujan lebat di wilayah tersebut lebih tinggi intensitasnya daripada daerah yang lainnya.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Hari Ini di Wilayah Banda Aceh, Info Resmi dari BMKG

Imbauan dari BMKG adalah agar masyarakat bisa mewaspadai segala potensi terburuk datangnya bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, dan genangan air, terutama di wilayah dengan kondisi geografis yang memang rawan.

Masyarakat diminta untuk terus mengikuti perkembangan cuaca melalui kanal-kanal informasi resmi bagian dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Pada tanggal 24 September 2024, BMKG mencatat beberapa wilayah yang masuk dalam kategori Waspada, antara lain Aceh, Bali, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Selain itu ada Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Yogyakarta.

BACA JUGA:Update BMKG! Prakiraan Cuaca Hari Ini di Wilayah DKI Jakarta, Sabu 21 September 2024

Sementara itu, pada tanggal 25 September 2024, peringatan Waspada cuaca terus berlanjut untuk sejumlah wilayah, termasuk Aceh, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah.

Kemudian ada Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Yogyakarta.

Penting bagi masyarakat di wilayah-wilayah tersebut untuk selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi potensi cuaca ekstrem.

Informasi yang diberikan oleh BMKG merupakan acuan terkini dan dapat membantu masyarakat dalam mengambil langkah-langkah yang tepat demi keselamatan dan kenyamanan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait