Hujan Deras di Jakarta Hari Ini Sudah Sesuai Prediksi, Ini Penjelasan BMKG

Hujan Deras di Jakarta Hari Ini Sudah Sesuai Prediksi, Ini Penjelasan BMKG

Prakiraan cuaca hujan di DKI Jakarta hari ini, berdasarkan laporan harian BMKG di laman resminya.-Aleksandr Rebenkov-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID - Hujan deras yang mengguyur Jakarta hari ini sudah sesuai prediksi. 

Plt. Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani  mengungkapkan bahwa hujan di beberapa wilayah, termasuk Jakarta, hari ini sesuai dengan prediksi.

Di mana, pihaknya memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan.

"Hujan hari ini sudah kita prediksikan sebelumnya, sesuai prediksi ini (prakiraan cuaca mingguan BMKG)," ungkap Andri ketika dihubungi, Selasa, 24 September 2024.

BACA JUGA:BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat di Wilayah Indonesia 24-25 September 2024, Cek Lokasinya

Sedangkan dalam sepekan ke depan, potensi hujan di wilayah Jawa meningkat karena kelembapan udara yang relatif tinggi.

Udara lembap ini terbawa dari Samudra Hindia dan ditambah dengan suhu permukaan laut yang hangat sehjngga mendukung pembentukan awan konvektif, terutama di bagian barat dan tengah Jawa.

"Kondisi ini menciptakan peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, bahkan disertai petir di beberapa daerah, terutama pada sore hingga malam hari," tuturnya.

BACA JUGA:BMKG Bocorkan Indonesia Mulai Masuk Awal Musim Hujan 2024, Ini Daftar Wilayahnya

Lebih lanjut, berdasarkan analisis dan pemantauan BMKG, pihaknya menyebut terdapat potensi hujan sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah, mulai dari sebagian Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Potensi angin kencang juga diprediksi terjadi di Banten, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Selatan.

BACA JUGA:Rudal Hizbullah Hujani Pangkalan Militer Israel, Hassan Nasrallah: Kami Tunggu IDF Masuk Lebanon dan Ucapkan Selamat Datang!

Di samping itu, ia mengungkapkan prediksi awal musim hujan dimulai pada bulan September dasarian III terjadi di sebagian Sumatera bagian tengah hingga selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Papua, dan Papua Pegunungan.

"Sudah mulai memasuki peralihan dari musim kemarau ke musim hujan," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: