Indeks Internasional SPI Sebut Pemerintahan Jokowi Alami Peningkatan dalam 10 Tahun Terakhir

Indeks Internasional SPI Sebut Pemerintahan Jokowi Alami Peningkatan dalam 10 Tahun Terakhir

Indeks Internasional SPI Sebut Pemerintahan Jokowi Alami Peningkatan dalam 10 Tahun Terakhir-Setpres-

“Banyak negara yang memiliki PDB tinggi tetapi masih mengalami ketidaksetaraan sosial yang luas. SPI melihat hal-hal di luar ekonomi seperti pendidikan, kesehatan, dan hak asasi manusia, yang seringkali diabaikan oleh indikator ekonomi tradisional,” kata Denny.

BACA JUGA:Strategi Prabowo Lanjutkan Pondasi Ekonomi Jokowi Beri Kepastian Bagi Para Investor

BACA JUGA:Jokowi Tegaskan IKN Bukan Proyek: Keputusan Seluruh Rakyat!

Selanjutnya, SPI juga dapat menunjukkan bagaimana kebijakan pemerintah mempengaruhi kualitas hidup masyarakat. Kebijakan seperti perluasan jaminan kesehatan dan peningkatan akses pendidikan jelas tercermin dalam indeks ini.

Kemudian, untuk alasan terakhir karena SPI dapat dijadikan sebagai alat untuk melihat perbandingan global. 

“Dengan SPI, kita dapat membandingkan kondisi sosial Indonesia dengan negara-negara lain di dunia. Peningkatan peringkat Indonesia menunjukkan bahwa negara ini semakin sejahtera dan setara dengan negara-negara yang lebih maju dalam hal kesejahteraan sosial,” sambung Denny.

Denny juga mencatat bahwa pemerintahan Jokowi telah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial melalui sejumlah program. Beberapa area yang dicatat oleh Denny menunjukkan keberhasilan, di antaranya peningkatkan kesehatan dan pendidikan dan perlindungan sosial.

BACA JUGA:Jokowi Kutuk Keras Serangan Israel ke Lebanon, Desak PBB Gerak Cepat

BACA JUGA:Pesawat Kepresidenan RJ85 Mendarat Mulus di Bandara IKN, Jokowi: Alhamdulillah Berjalan Baik

Peningkatkan kesehatan dan pendidikan diwujudkan melalui pembangunan rumah sakit serta sekolah-sekolah baru. 

Selain itu, terdapat peningkatkan dalam layanan kesehatan berbasis digital. 

Sementara itu, untuk perlinduangan sosial diimplementasikan melalui Program Keluarga Harapan (PKH), di mana melalui program tersebut keluarga miskin diberikan bantuan tunai dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka, seperti makanan serta pendidikan.

Dengan penjelasan yang telah dijabarkan di atas, maka Denny menarik kesimpulan bahwa SPI mencerminkan bahwa pemerintahan Jokowi telah membuat kemajuan signifikan dalam memenuhi kebutuhan dasar rakyat; memperluas akses terhadap pendidikan dan kesehatan; serta meningkatkan peluang ekonomi.

“Berdasarkan SPI, 10 tahun Jokowi dapat dikategorikan sebagai berhasil, dengan catatan bahwa upaya lebih lanjut diperlukan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan sosial di seluruh wilayah Indonesia,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: