Mengenal Rehabilitasi Kardiovaskular, Tahapan Penting Usai Kateterisasi dan Pasang Ring Jantung

Mengenal Rehabilitasi Kardiovaskular, Tahapan Penting Usai Kateterisasi dan Pasang Ring Jantung

Mengenal rehabilitasi kardiovaskular pasca tindakan bedah jantung--pinterest

Menilai fungsi jantung dan paru-paru selama latihan intensif untuk memahami kapasitas kardiorespirasi pasien.

Pasien juga dapat melanjutkan rehabilitasi di rumah dengan melakukan latihan Soleus Push-Up (SPU) yaitu suatu program latihan kaki ringan yang menguntungkan dalam CR.

Sambil duduk, tangan dapat melakukan kegiatan apa saja. Waktu olahraganya dalam hitungan beberapa jam (bukan menit), tanpa merasa lelah.

Soleus push-up adalah latihan yang sederhana, mengangkat tumit kaki keatas kemudian melepaskannya berulang kali, sambil duduk.

Latihan ini fokus pada otot soleus, yang terletak di tungkai bawah, di depan betis, keduanya hanya 1/100 Berat Badan.

Otot ini berperan menurunkan kadar gula dan lemak darah dalam dinamikanya memompa darah kembali ke jantung. Penelitian ini dipublikasikan tahun 2022 di iScience oleh penemunya Prof. Marc Hamilton dari Universitas Houston.

Kombinasi latihan-latihan ini yang dipandu oleh para dokter rehabilitasi niscaya membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi risiko pembekuan darah, serta memperkuat otot-otot dan sendi kaki. Upaya ini penting dalam pemulihan pascabedah jantung.

Dengan pendekatan terpadu ini, pasien tidak hanya mendapatkan dukungan medis yang komprehensif tetapi juga dibekali dengan alat dan pengetahuan untuk menjaga kesehatan mereka di masa depan.

Jadi, penting bagi pasien dan keluarga untuk memahami dan mengikuti rencana CR yang telah ditetapkan untuk mencapai hasil yang optimal dan kembali ke kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

Apabila Anda atau kerabat memiliki permasalahan seperti gagal jantung atau baru saja menjalani prosedur bedah/intervensi jantung dan ingin berkonsultasi terkait rehabilitasi, RS Siloam Jantung Diagram Cinere dapat menjadi pilihan yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis rehab medis dan/atau dokter jantung subspesialis preventif-rehab kardiovaskular. Lakukan booking jadwal konsultasi dokter terkait lebih mudah dengan cara mengakses aplikasi MySiloam, mengunjungi siloamhospitals.com/cari-dokter, atau hubungi Contact Center 1-500-181.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: