Hari Museum Nasional 2024 Diperingati 12 Oktober, Intip Sejarahnya di Sini

Hari Museum Nasional 2024 Diperingati 12 Oktober, Intip Sejarahnya di Sini

Muesum Penerangan di TMII.--Dok. TMII

JAKARTA, DISWAY.ID -- Masyarakat di Indonesia akan merayakan Hari Museum Nasional 2024 yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober.

Hari Museum Nasional bukan hanya sekadar hari besar nasional, melainkan momen penting untuk merayakan keberadaan museum sebagai tempat menyimpan dan menjaga warisan budaya Indonesia.

Tak hanya itu, Hari Museum Nasional juga menjadi momen bagi masyarakat untuk melestarikan dan mempromosikan warisan serta sejarah Indonesia.

BACA JUGA:15 Poster Peringatan G30S PKI Lengkap Ucapannya, Share di Medsos untuk Kenang Pahlawan yang Gugur

BACA JUGA:Ini Filosofi Batik yang Dipakai Jokowi Saat Membuka BNI Investor Daily Summit 2024

Seperti yang diketahui, museum sendiri dikenal sebagai tempat wisata edukasi yang membantu setiap orang mengetahui dan memahami sejarah.

Lantas apa sejarah dibalik peringatan Hari Museum Nasional? Berikut informasi lengkapnya.

Sejarah Hari Museum Nasional

Nama museum di ambil dari bahasa Yunani Kuno 'mouseion' yang merujuk pada tempat di mana seni dan ilmu pengetahuan dihargai.

Sehingga kini, museum dikenal sebagai tempat untuk  menyimpan dan memamerkan peninggalan-peninggalan bersejarah.

Peringatan Hari Museum Nasional bermula dari pada masa Hindia Belanda yang mendirikan Botaviaach Genootschap van Kunsten en Wetenschappen pada tahun 1778.

BACA JUGA:Peringati Hari Batik Nasional, APPBI DPD DKI Jakarta Gelar Batik Nusantara Festival

Botaviaach Genootschap merupakan sebuah lembaga ilmu sejarah dan kebudayaan, di mana di dalamnya mempelajari dan memelihara benda yang telah dikumpulkan.

Seiring berjalannya waktu, jumlah koleksi peninggalan bersejarah di Botaviaach Genootschap kian bertambah hingga pemerintah Belanda kemudian membangun museum yang kini dikenal sebagai Museum Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: