Nadiem Makarim Raih Penghargaan Kreatif untuk Warisan Budaya dan Pariwisata Lokal di Ajang IDeaward 2024

 Nadiem Makarim Raih Penghargaan Kreatif untuk Warisan Budaya dan Pariwisata Lokal di Ajang IDeaward 2024

Mendikbudristek Nadiem Makarim Raih Penghargaan Kreatif untuk Warisan Budaya dan Pariwisata Lokal yang diwakili Dirjen kebudyaan, Hilmar Farid yang diserahkan Menparekkraf Sandiaga Uno-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menerima  penghargaan prestisius dalam kategori Kreatif untuk Warisan Budaya dan Pariwisata Lokal pada ajang IDeaward 2024.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmennya dalam melestarikan budaya Indonesia dan memajukan sektor pariwisata lokal melalui berbagai inisiatif dan program yang inovatif.

BACA JUGA:Reaksi Nadiem Makarim Santai Jawab Kritikan JK Soal Jarang Ngantor-Blusukan

BACA JUGA:Ada Makna di Balik ‘i' Tema IdeaFest 2024, Peluang Industri Kreatif Pamer Karya

Pemberian penghargaan kepada Nadiem Makarim diwakili oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid dan diberikan  oleh Menparekraf  Sandiaga Uno, di Jakarta bebenrapa waktu lalu.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid mengungkapkan bahwa penghargaan ini merupakan bukti upaya bersama yang dilakukan dalam rangka pemajuan kebudayaan. 

“Saya sangat berterima kasih kepada penyelenggara atas penghargaan ini. Penghargaan ini saya tujukan kepada para semua stakeholder, komunitas budaya, pemerintah daerah, pelaku budaya dan semua pihak yang bersama-sama berupaya untuk memajukan kebudayaan,” ungkap Hilmar setelah menerima penghargaan mewakili Menteri Nadiem. 

Sebagai seorang menteri yang memimpin sektor pendidikan dan kebudayaan, Nadiem Makarim telah membuktikan bahwa peran budaya dalam pembangunan bangsa tidak bisa diabaikan.

BACA JUGA:Sederet Tokoh Nasional Mendapat Apresiasi Kreativitas dan Inovasi Anak Bangsa di Ajang IDeaward 2024

Di bawah kepemimpinannya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan berbagai program yang mendorong pemahaman dan kecintaan terhadap budaya lokal, termasuk penguatan warisan budaya tak benda, revitalisasi museum, hingga upaya mendigitalisasi warisan budaya agar lebih mudah diakses oleh generasi muda.

Selain itu, penghargaan IDeaward yang diterima Nadiem merupakan pengakuan atas dedikasinya dalam menciptakan sinergi antara pendidikan dan kebudayaan.

Program-program seperti Merdeka Belajar telah membuka ruang yang lebih luas bagi pelajar untuk tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga menghargai dan mempelajari kebudayaan lokal. Langkah ini sejalan dengan visi besar untuk memperkuat identitas bangsa melalui pendidikan yang berbasis budaya.

BACA JUGA:Kemendikbud Sebut Kampus yang Beri Gelar Honoris Causa Raffi Ahmad Belum Miliki Izin Operasional

Nadiem juga mendorong kolaborasi antara pemerintah, pelaku pariwisata, dan komunitas budaya lokal dalam mempromosikan destinasi pariwisata berbasis budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: