Alkes Lokal CT Scan Pertama Hadir di Indonesia, Deteksi Penyakit Sejak Dini

Alkes Lokal CT Scan Pertama Hadir di Indonesia, Deteksi Penyakit Sejak Dini

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui PT Forsta Kalmedic Global (Forsta) menjalin kerja sama dengan GE HealthCare untuk menyediakan mesin CT Scan (Computed Tomography Scan) secara lokal.--Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui PT Forsta Kalmedic Global (Forsta) menjalin kerja sama dengan GE HealthCare untuk menyediakan mesin CT Scan (Computed Tomography Scan) secara lokal.

Hal ini selaras dengan upaya meningkatkan kemandirian penggunaan alat kesehatan dalam negeri yang digencarkan oleh pemerintah.

Pengesahan kerja sama strategis ini dilakukan pada Selasa, 15 Oktober 2024 dan ditandatangani oleh Irawati Setiady selaku Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk serta Elie Chaillot, President & CEO, GE HealthCare International. 

Seremoni ini disaksikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Taruna Ikrar, dan perwakilan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN).

BACA JUGA:Kisah Sri dan Slamet Dapat Hadiah Umrah saat Belanja Obat dan Alkes

“Kemitraan strategis Kalbe dan GE HealthCare untuk menyediakan mesin CT Scan secara local merupakan bukti komitmen Kalbe dalam mewujudkan ketahanan kesehatan nasional. Kami berharap inisiatif penyediaan mesin CT Scan secara lokal dapat memajukan layanan Kesehatan dan mendukung pemerataan akses kesehatan di Indonesia. Harapannya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” papar Irawati.

Pada kesempatan yang sama, Elie Chaillot menuturkan pihaknya optimis bahwa kerja sama strategis antara GE HealthCare dengan Kalbe dalam menyediakan alat kesehatan dalam negeri pertama, yaitu mesin CT Scan di Indonesia dan Asia Tenggara, akan membuka peluang positif dalam memastikan ketersediaan dan kemudahan akses teknologi medis terbaik.

BACA JUGA:4 Alkes Ini Mampu Deteksi Dini Penyakit Kanker, Tersedia di Puskesmas

"Sehingga memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk memberikan perawatan terbaik pada pasien," tutur Ellie.

Pemeriksaan CT Scan merupakan salah satu prosedur medis yang dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memantau berbagai penyakit secara detail hingga mendiagnosis kanker sejak dini. 

Penggunaan CT Scan di Indonesia juga termasuk tinggi jika dibandingkan dengan alat diagnostik lainnya. Sayangnya, hingga saat ini, mesin CT Scan termasuk alat kesehatan yang belum dapat diproduksi di dalam negeri.

Direktur PT Forsta Kalmedic Global, Yvone Astri Della Sijabat, memaparkan penyediaan alat kesehatan mesin CT Scan termasuk ke-10 besar alat kesehatan yang diprioritaskan untuk diproduksi secara lokal. 

BACA JUGA:4 Alkes Ini Mampu Deteksi Dini Penyakit Kanker, Tersedia di Puskesmas

Oleh karena itu, inisiatif ini merupakan bentuk dukungan Kalbe, melalui Forsta, kepada program pemerintah di bidang kemandirian kesehatan sekaligus meningkatkan TKDN industri alat kesehatan dalam negeri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: