Mengenal EUS-RFA, Pengobatan Tumor Gastrointestinal pada Sistem Pencernaan

Mengenal EUS-RFA, Pengobatan Tumor Gastrointestinal pada Sistem Pencernaan

Ilustrasi Tumor Gastrointestinal pada Sistem Pencernaan --Loyala Medicine

JAKARTA, DISWAY.ID - Tumor Gastrointestinal terjadi pada sistem pencernaan. 

Pengobatannya, saat ini dapat ditangani dengan EUS-RFA (Endoscopic Ultrasound-guided Radiofrequency Ablation).

Pengobatan ini merupakan teknik yang menggabungkan dua teknologi penting yaitu Endoscopic Ultrasound (EUS) dan Radiofrequency Ablation (RFA) untuk memberikan pendekatan yang lebih tepat dan aman dalam pengobatan tumor. 

Dr. dr. C. Rinaldi Lesmana, Sp.PD-KGEH, dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastro-entero-hepatologi RS Siloam MRCCC Semanggi menjelaskan secara detail.

BACA JUGA:Kojek Manggung di Paris hingga Rilis Album, Rayakan 100 Tahun Sitor Situmorang

Endoscopic Ultrasound (EUS)

Endoscopic Ultrasound (EUS) adalah teknik medis yang memanfaatkan kombinasi endoskopi dan ultrasound untuk memeriksa organ-organ dalam tubuh.

Selama prosedur EUS, dokter memasukkan sebuah tabung tipis yang disebut endoskop ke dalam tubuh melalui mulut atau rektum.

Di ujung endoskop ini terdapat alat ultrasound yang mengeluarkan gelombang suara frekuensi tinggi. Gelombang ini menciptakan gambar rinci dari organ dan jaringan di sekelilingnya, memungkinkan dokter untuk melihat tumor atau lesi dengan jelas.

Gambar yang dihasilkan oleh EUS sangat detail, sehingga memudahkan dokter dalam menentukan ukuran, lokasi, dan sifat dari tumor.

Ini sangat berguna untuk diagnosis awal dan perencanaan pengobatan, terutama untuk tumor di area yang sulit diakses dengan teknik lain.

BACA JUGA:Kisah Wanita Jakbar Kena Kanker Paru Stadium 4 di Usia Muda, Awalnya Mengeluh Flu

Radiofrequency Ablation (RFA)

Radiofrequency Ablation (RFA) adalah metode pengobatan yang menggunakan energi gelombang radio untuk merusak jaringan abnormal seperti tumor.

Prosedur ini dimulai dengan memasukkan elektroda, yaitu sebuah alat yang bisa menghantarkan energi ke area target melalui jarum atau alat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: