Target Swasembada Pangan, Mentan Amran Ungkap Pesan Prabowo: Hulu-Hilir Pangan Satu Komando

Target Swasembada Pangan, Mentan Amran Ungkap Pesan Prabowo: Hulu-Hilir Pangan Satu Komando

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong modernisasi di bidang pertanian. -ist-

Karenanya, ego hulu dan hilir harus dikesampingkan.

“Kalau satu saja ego komandannya yang merasakan penderitan itu rakyat, petani Indonesia,” tutur Amran.

Hal tersebutlah yang sempat menjadi salah satu pembahasan dengan Menteri BUMN Erick Thohir dalam pertemuan dengan Mentan pada 22 Oktober 2024. Sebelumnya, dalam pertemuan itu, Mentan mengungkapkan, sinergi diperlukan untuk mencapai cita-cita besar swasembada pangan Presiden Prabowo.

BACA JUGA:Usai Dilantik Mentan Amran Langsung Kerja, Fokus Tingkatkan Produksi Komoditas Strategis

Menurut Amran, swasembada pangan membutuhkan dukungan dari berbagai sektor.

“Contohnya untuk produksi padi, didukung pupuk, pupuk ada di PI. Kemudian, kalau pupuk sudah selesai, kami berproduksi, begitu produksi melimpah, offtaker-nya ada di Bulog. Lalu, kalau produksi belum optimal, katakanlah masalah air, ada di Kementerian Pekerjaan Umum,” jelas Amran.

Karena itu, pertemuan Mentan Amran, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri Pertanian Sudaryono, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, serta jajaran terkait membahas kolaborasi dan regulasi terkait swasembada pangan.

“Ini pupuk saja kalau dibedah diurusi 6-7 kementerian, termasuk bupati dan gubernur. Ini tidak mudah koordinasinya, sehingga kita nanti ke depan membuat regulasi menjadi sederhana dan mudah bergerak,” kata Amran.

Sedangkan Menteri Erick mengungkapkan siap mendukung Kementan. Ke depan, akan terus dilakukan koordinasi untuk memastikan BUMN berjalan sesuai tupoksinya dalam mendukung kinerja Kementan.

“Kita punya kesepakatan penuh mendukung program Bapak Presiden, Bapak Prabowo, yang melalui tentu Pak Mentan Amran untuk kita menyinergikan seluruh kebijakan yang memang diperlukan,” ungkap Erick.

BACA JUGA:Usai Dilantik Mentan Amran Langsung Kerja, Fokus Tingkatkan Produksi Komoditas Strategis

Lanjutkan Food Estate

Lebih jauh Mentan Amran menegaskan, proyek-proyek food estate yang sudah ada akan terus dilanjutkan.

Food estate adalah proyek yang terus diperbincangkan oleh Presiden Prabowo Subianto untuk terus dilanjutkan agar lumbung pangan Indonesia bisa terus terjaga bagi masa depan negara.

Apalagi, pemerintahan Presiden Prabowo juga menargetkan Indonesia sudah swasembada pangan dalam 4-5 tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: