Lebih dari 18 Ribu Pengunjung Merapat di Langkah Membumi Festival 2024 dan BerAKSI: Inspirasi Nyata untuk Bumi

Lebih dari 18 Ribu Pengunjung Merapat di Langkah Membumi Festival 2024 dan BerAKSI: Inspirasi Nyata untuk Bumi

Selama dua hari penyelenggaraan (2 dan 3 November 2024), festival persembahan Blibli Tiket Action dan Ecoxyztem ini menunjukkan pentingnya kolaborasi dan pendekatan yang bisa merangkul semua kalangan untuk bersama menuju masa depan berkelanjutan-Dok. Blibli-

Pengunjung festival juga tampak antusias mengevaluasi dampak konsumsi harian mereka, mengikuti survei untuk menilai peran mereka sendiri—apakah mereka “cuek” atau calon pahlawan lingkungan sejati. Data dari Life Cycle Indonesia (LCI) terpampang di berbagai area festival, diantaranya dengan beralih ke tumbler isi ulang, setiap 1.000 konsumen mampu mengurangi 350,4 ton sampah plastik di laut—menjadi pengingat bahwa langkah kecil berarti bagi lingkungan.

Semangat menuju masa depan berkelanjutan semakin terasa dalam sesi talk show bertema slow fashion, yang menghadirkan Akmal Idrus, CEO & Founder Rappo Indonesia; Nasta Rofika, CEO & Founder Ulur Wuji; Reviana Rahmania, Head of Communications Asia Pacific Rayon; dan Rinda Salmun, Founder RTW Studio. Talk show ini diikuti dengan fashion show koleksi daur ulang karya Rinda Salmun yang minggu lalu diluncurkan di Jakarta Fashion Week. Sebagai bentuk dukungan nyata terhadap circular fashion, 6 koleksi tersebut dilelang, dan sebagian dari hasilnya didedikasikan untuk penanaman bibit mangrove. Ditambah dengan donasi bibit mangrove dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, program Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan) Djarum Foundation, program rekening baru NeoBank, serta donasi pengunjung melalui platform CarbonEthics, terkumpul total 2.018 bibit mangrove yang siap ditanam.

 

Langkah Membumi Festival 2024 menampilkan koleksi fashion daur ulang karya Rinda Salmun dari Jakarta Fashion Week yang dilelang untuk penanaman bibit mangrove. 

Beragam aktivitas sosial juga dirancang untuk membangkitkan peran aktif anak muda sebagai agen perubahan. Salah satunya melalui kegiatan plogging saat Car Free Day bersama World Cleanup Day (WCD) Indonesia yang diikuti lebih dari 100 peserta, berhasil mengumpulkan 27 kg sampah. Selain itu, ratusan relawan yang terdiri dari karyawan dan mahasiswa juga berpartisipasi menyukseskan kelancaran festival, ditambah puluhan anak muda menguji wawasan serta drop CV di Green Jobs Corner. 

Para peserta plogging Aksi Membumi berpartisipasi aktif untuk menjaga kebersihan ruang publik sebagai bentuk langkah kecil untuk bumi lestari.  

Andy Bahari, Leader WCD Indonesia, menyampaikan “Kami sangat senang bahwa kegiatan plogging yang diadakan di festival ini berhasil diikuti 100 peserta untuk membersihkan 27 kg sampah dan menariknya partisipasi pengunjung dari berbagai usia dari anak SD hingga kalangan ibu-ibu. Kegiatan seperti ini mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan ruang publik secara aktif dan menyadari aksi kecil yang berdampak besar. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak orang untuk bergabung dalam gerakan peduli lingkungan dan menciptakan bumi yang lebih lestari.”


Selama dua hari penyelenggaraan (2 dan 3 November 2024), festival persembahan Blibli Tiket Action dan Ecoxyztem ini menunjukkan pentingnya kolaborasi dan pendekatan yang bisa merangkul semua kalangan untuk bersama menuju masa depan berkelanjutan-Dok. Blibli-

Langkah Membumi Festival sukses digelar berkat dukungan berbagai pihak yang turut memeriahkan berbagai kegiatan selama dua hari penyelenggaraan.

Langkah Membumi Festival 2024 terwujud berkat kolaborasi strategis dengan berbagai mitra terkemuka, seperti Djarum Foundation, Polytron, MODENA, Bank BCA, BMW, Bukit Asam, BYD, TBS Energi Utama, Coca Cola, APRIL, NeoBank, Sharp, P4G, Hydroplus, Milk Life, iFORTE, Telkomsel, Bank SMBC Indonesia, UOB, Pressio, Cleo, Blu by BCA Digital, Brawijaya Hospital, Bethsaida Hospital dan masih banyak lagi. Acara ini juga didukung oleh media dan digital community partner yang memiliki visi dan fokus terkait sustainability seperti Kompas Lestari, Katadata Green, Kumparan, TS Media, Ecommurz, dan sustainability impact partner Koalisi Ekonomi Membumi, Ecofren, Carbon Ethics, Life Cycle Indonesia, dan Tanah Air Lestari. Berbagai ecopreneur juga ikut berpartisipasi dalam festival ini, di antaranya Waste4Change, BIKI, CarbonEthics, World Cleanup Day, EcoTouch, Boolet Reservoir, Ravelware, Sustaination, Ulur Wiji, dan Alner. Berbagai universitas ternama seperti Universitas Indonesia, Pertamina University, President University, Bina Nusantara University, dan SparkLabs juga turut mendukung kelangsungan festival ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait

Close Ads