Warga Keluhkan Penggunaan Aplikasi SATUSEHAT Mobile saat Pelaksanaan Program CKG, Begini Respon Kemenkes
Dirjen Farmalkes Kemenkes L. Rizka Andalusia-Istimewa-
JAKARTA, DISWAY.ID -- Hari pertama pelaksanaan program Cek Kesehatan Gratis (CKG) menemui sejumlah kendala, salah satunya penggunaan aplikasi SATUSEHAT Mobile.
Aplikasi SATUSEHAT Mobile digunakan untuk mengambil tiket CKG ke fasilitas kesehatan (faskes), dan mengirim hasil pemeriksaan sebagai rekam medis.
Kendati demikian, masih banyak warga yang mengaku kesulitan menggunakan aplikasi SATUSEHAT Mobile.
BACA JUGA:Usai Terima Putusan Sidang Etik Kasus Suap Anak Bos Prodia, 5 Oknum Polisi Ajukan Banding
BACA JUGA:Cek Kesehatan Gratis Resmi Diluncurkan, Menpar Widyanti Tinjau Langsung di Puskesmas Tanah Abang
Salah satunya Ibu Neneng yang datang ke Puskesmas Cengkareng, Jakarta Barat untuk melakukan CKG bersama suaminya.
Neneng kesulitan menginstal aplikasi tersebut di ponselnya.
Setelah beberapa lama menunggu dan mengotak-atik ponsel, ia tetap tidak bisa menginstal aplikasi tersebut.
Alhasil, warga Rusun BCI Cengkareng tersebut mendaftar secara manual di Puskesmas dan memasukkan data diri di aplikasi SATUSEHAT milik suaminya.
Suami Neneng pun menyarankan agar warga dimudahkan untuk melakukan cek kesehatan gratis ini.
BACA JUGA:Kabiro Humas Sebut Kebakaran di Kementerian ATR/BPN Tak Ganggu Pelayanan Masyarakat
BACA JUGA:Ini Harga LPG 3 Kg Terbaru di Warung, Pangkalan Batasi Pembelian
"Acara ini sebenarnya bagus, kurang sosialisasi ke warga saja. Jadi sosialisasi ke warga itu pas, didaftarkan, kita datang kan enak, tuh, tinggal daftar doang. Kalau begini kan repot, aplikasinya lemot," cecarnya, ditemui Disway.
Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Farmasi dan Alat Kesehatan (Farmalkes) Kemenkes RI L. Rizka Andalusia mengatakan, "Namanya baru dimulai dan kemampuan masyarakat juga berbeda-beda."
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber:
