Info Mudik, Aturan Ganjil Genap Tol Cikampek, Begini Pilihannya

Info Mudik, Aturan Ganjil Genap Tol Cikampek, Begini Pilihannya

Terdapat pemilahan aturan ganjil genap Tol Cikampek, diantaranya pada Km 10 serta Km 47. -tuahta simanjuntak-

JAKARTA, DISWAY.ID – Sesuai dengan diskresi pihak kepolisian, PT. Jasa Marga (Persero) Tbk pada hari ini melakukan uji coba rekayasa arus lalu lintas dengan cara Ganjil Genap di Tol Cikampek.

Muhammad Taufik Akbar selaku General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD) menjelaskan, pelaksanaan uji coba ini merupakan salah satu upaya guna mewujudkan mudik aman dan sehat.

“Untuk mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan sehat pada periode libur Idul Fitri 1443 H ini, Jasa Marga atas diskresi Kepolisian melakukan uji coba ganjil genap di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” terang Muhammad Taufik pada Senin 25 April 2022.

Menurut Taufik pada hari ini pihaknya bersama kepolisian melakukan uji coba di ruas tol dari Jakarta ke arah Cikampek dan terdapat dua lokasi pemilahan kendaraan berplat nomor ganjil dan genap diantaranya:

BACA JUGA:48.656 Pemudik Tinggalkan Gilimanuk Menuju Jawa, Truk dan Mobil Pribadi Mendominasi

1. Di Km 10 A Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek yang diberlakukan pemilahan jenis kendaraan golongan kecil berplat nomor ganjil dapat melintas di Ruas Jalan Tol Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) sedangkan untuk kendaraan berplat nomor genap diarahkan menggunakan Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah. 

2. Km 47 A Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek diberlakukan pemilahan kendaraan berplat nomor ganjil dapat melanjutkan perjalanan melalui Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sedangkan kendaraan berplat nomor genap yang menuju arah Cikampek dialihkan melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Barat. 

BACA JUGA:Jaksa Agung Harap Jajarannya Tak Terlibat Mafia Minyak Goreng, Diminta Tak Terpengaruh Isu Politik

Menurut Muhammad Taufik jika nanti terjadi penumpukan, pihak PT. Jasamarga bersama kepolisian akan menerapkan Contra Flow arah Cikampek

“Jika terjadi kepadatan saat uji coba maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas contra flow  sesuai diskresi Kepolisian,” ungkap Taufik.

Guna mendukung uji coba pelaksanaan rekayasa arus lalu lintas, PT. Jasamarga menyiagakan petugas dan penyampaian informasi kepada pengemudi menggunakan Dynamic Mesaage Sign (DMS) untuk memastikan perjalanan pengguna jalan tetap aman. 

BACA JUGA:Andika Kangen Band Curhat ke Anji Tak Marah pada Tri Suaka, Zidan Ikut Diungkit: Gua Gak Kenal

Selain itu PT. Jasamarga juga memberi himbauan kepada para pengguna jalan untuk selalu mempersiapkan diri melengkapi kebutuhan sebelum memasuki jalan TOL saat mudik lebaran nanti.

"Pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima, selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah (menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan) saat berada di rest arean," tambah Taufik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: