bannerdiswayaward

Tren Menurun, Gaikindo Revisi Target Penjualan di GIIAS 2025

Tren Menurun, Gaikindo Revisi Target Penjualan di GIIAS 2025

GAIKINDO merevisi target penjualan dan nilai transaksi di ajang GIIAS 2025-Disway.id/Bianca Khairunnisa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akhirnya telah resmi kembali memulai penyelenggaraan rangkaian pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, yang rencananya akan berlangsung pada 24 July - 3 August 2025.

Dalam pelaksanaan pameran GIIAS 2025 ini, Gaikindo sendiri diketahui sudah menetapkan target penjualan sebesar Rp 20 triliun, yang diambil berdasarkan angka penjualan yang berhasil ditembus pada tahun 2024 lalu.

BACA JUGA:Jaringan Servis dan Diler Jadi Pertimbangan Penting dalam Memutuskan Beli Mobil Baru

BACA JUGA:Kadek Arel Salut dengan Penampilan Hokky Caraka saat Lawan Thailand

Menurut Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, keputusan ini diambil setelah pihak Gaikindo mempertimbangkan faktor kondisi pasar industri otomotif yang saat ini masih belum membaik.

"Kalau kita bisa mengulangi kesuksesan di tahun 2024 lalu, itu juga sudah merupakan sesuatu yang luar biasa. Karena, market-nya memang sedikit lebih berat," jelas Yohannes kepada media di Jakarta, dikutip pada Sabtu 26 Juli 2025.

Hal serupa juga turut dilakukan oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), yang merupakan Agen Pemegang Merek (APM) brand otomotif Mazda di Indonesia. Menurut Chief Operating Officer, Ricky Thio, Mazda memutuskan untuk menurunkan target penjualan dari 800 unit menjadi 700 unit untuk tahun 2025 ini.

Menurut Ricky, hal ini juga turut disebabkan karena pasar otomotif yang terpantau menurun dalam kurun waktu enam bulan terakhir ini.

BACA JUGA:Siapkan Akhir Pekanmu di GIIAS 2025, Ini Dia Panduan Berkunjung Agar Lebih Nyaman

BACA JUGA:Alasan Harga BYD Atto 1 Terjangkau, Efisiensi Produksi Jadi Keunggulan di GIIAS 2025

"Tahun lalu kan target-nya sekitar 800-an, tapi kita melihat pasar memang agak terkoreksi saat ini," jelas Ricky.

Strategi Brand Otomotif

Dalam menghadapi kondisi seperti ini, tidak sedikit brand otomotif juga turut memanfaatkan pelaksanaan pameran GIIAS 2025 ini untuk mendongkrak kinerja industri otomotif. Salah satunya adalah VinFast (NASDAQ: VFS)

Kembali hadir dalam pameran GIIAS 2025, VinFast juga secara resmi telah mengumumkan keanggotaannya dalam Gaikindo. Menurut Kariyanto Hardjosoemarto selaku CEO VinFast Indonesia, keanggotaan ini sendiri juga menjadi langkah awal VinFast untuk membuka peluang besar untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik, lebih dekat dengan konsumen lokal, serta berkontribusi terhadap pertumbuhan berkelanjutan industri otomotif nasional.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber:

Close Ads