Harbolnas 2025 Siap Hentak E-Commerce Indonesia, Target Transaksi Rp35 Triliun!
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto -Kemenko Perekonomian.-
JAKARTA, DISWAY.ID – Jelang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2025 yang bakal digelar pada 10–16 Desember mendatang, pemerintah dan pelaku e-commerce mulai pasang target tinggi.
Tak tanggung-tanggung, tahun ini ditargetkan transaksi bisa tembus Rp35 triliun.
Optimisme itu disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam acara Kick-off Harbolnas 2025 di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (8/9/2025).
BACA JUGA:KPK Lelang Aset Rampasan Koruptor 17 September, Dari Tanah hingga Perhiasan Emas
BACA JUGA:Heboh Ahmad Sahroni Malah Diundang Pindah ke Dubai dengan Iming-iming Bebas Pajak
“Tahun lalu (Harbolnas 2024) kita capai Rp31 triliun. Harapannya tahun ini lebih tinggi, targetnya antara Rp33 sampai Rp35 triliun,” ujar Airlangga.
Dalam sambutannya, Airlangga menekankan agar produk lokal dan UMKM lebih banyak ditampilkan di Harbolnas kali ini. Menurutnya, e-commerce tak hanya soal belanja murah, tapi juga wadah mendorong ekonomi kerakyatan.
“Kalau dari sisi UMKM ekosistemnya sudah bagus. Sekarang kita minta produk UMKM lebih banyak ikut serta,” tegasnya.
Tema Harbolnas 2025: Nyatakan Cinta Nusantara
Senada dengan pemerintah, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Hilmi Adrianto, menegaskan bahwa Harbolnas tahun ini bukan sekadar festival diskon, tapi juga ajang menggaungkan cinta produk lokal.
BACA JUGA:Viral Main Domino dengan Menteri, Azis Wellang Bantah Status Tersangka Pembalakan Liar
BACA JUGA:Distribusi Beras Murah Diperluas, PalmCo Salurkan 195 Ton SPHP ke Tiga Pulau
“Tema tahun ini Nyatakan Cinta Nusantara. Kita ingin UMKM dan e-commerce jalan bersama, memperkuat ekonomi bangsa,” jelas Hilmi.
Harbolnas 2025 akan berlangsung selama 7 hari penuh (10–16 Desember 2025). Berbagai platform e-commerce besar sudah menyiapkan promo gila-gilaan, dari diskon produk elektronik, fesyen, kecantikan, hingga kebutuhan rumah tangga.
Dengan target transaksi mencapai Rp35 triliun, Harbolnas kali ini diproyeksikan jadi pesta belanja online terbesar sepanjang sejarah Indonesia.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: