President University Jadi Kampus Pertama di Indonesia yang Terapkan Roblox dalam Kurikulum Pembelajaran

President University Jadi Kampus Pertama di Indonesia yang Terapkan Roblox dalam Kurikulum Pembelajaran

Begini Cara President University Gunakan Roblox untuk Belajar---dok. President University

JAKARTA, DISWAY.IDPresident University resmi menjadi universitas pertama di Indonesia yang mengintegrasikan platform Roblox ke dalam sistem pembelajarannya.

Langkah inovatif ini menjadikan President University sebagai pelopor dalam pemanfaatan dunia virtual untuk kegiatan akademik di tingkat perguruan tinggi.

“Inilah universitas dengan rektor yang paling mendukung Roblox di dunia,” ujar Handa Abidin, S.H., LL.M., Ph.D., Rektor President University, dalam kuliah tamu bertajuk “Roblox in President University” yang digelar di President University Convention Center (PUCC), pada 14 Oktober 2025.

BACA JUGA:President University Raih Peringkat Dunia di WURI 2025, Unggul di Entrepreneurial Spirit

Dukungan Langsung dari Tim Roblox Dunia

Inisiatif pembelajaran berbasis Roblox ini mendapat perhatian dan apresiasi dari tim Roblox global. Sebagai bentuk dukungan, Tami Bhaumik selaku Vice President of Civility & Partnerships, serta Adam Seldow, Senior Director of Education Policy & Partnerships Roblox, datang langsung ke Indonesia pada 13–15 Oktober 2025 untuk berkunjung ke kampus utama President University di Kota Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Adam Seldow juga menjadi pembicara utama dalam kuliah tamu yang membahas potensi Roblox sebagai media pendidikan masa depan.

Roblox, dari Dunia Hiburan ke Dunia Edukasi

Roblox dikenal sebagai platform populer di kalangan generasi muda karena memberikan kebebasan berkreasi dan berinteraksi di dunia virtual. Kini, platform tersebut berkembang menjadi alat pembelajaran inovatif yang mendukung eksplorasi, kolaborasi, dan experiential learning atau pembelajaran berbasis pengalaman langsung.

“Dalam Roblox, Anda dapat menciptakan lingkungan 3D untuk memahami suatu situasi dengan lebih baik. Mahasiswa belajar mengambil keputusan dan berpikir kritis melalui pengalaman langsung,” jelas Adam Seldow di Jakarta, Jumat 24 Oktober 2025.

Ia menambahkan, proses pembuatan game di Roblox juga melatih kemampuan pemrograman, kreativitas, serta kerja sama tim—tiga kompetensi penting di era digital. “Yang membedakan Roblox dari platform lain adalah kekuatan komunitas pemain dan kreatornya,” tambahnya.

BACA JUGA:Khoerun Nissa dan Syawa Ghitsa Resmi Nahkodai PUFA FADA President University Periode 2025

Roblox di Ruang Kelas President University

Sejak tahun ajaran 2025–2026, Roblox telah digunakan sebagai bagian dari kurikulum di beberapa fakultas President University, seperti Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Bisnis. Langkah ini bertujuan meningkatkan interaksi antara dosen dan mahasiswa melalui media visual yang interaktif dan menarik.

Salah satu dosen yang memanfaatkan Roblox dalam kegiatan belajar adalah Ferawati Natalita, S.H., LL.M., yang akrab disapa Miss Genzi. Ia memanfaatkan Roblox untuk menghadirkan suasana belajar yang dinamis dan relevan dengan gaya hidup digital mahasiswa masa kini.

Menurut Ferawati, penerapan Roblox tidak hanya membantu mahasiswa memahami konsep hukum melalui simulasi kasus virtual, tetapi juga mempererat hubungan antara dosen dan mahasiswa. “Dengan Roblox, pembelajaran jadi lebih interaktif, mudah dipahami, dan menyenangkan,” ungkapnya.

Mahasiswa Lebih Antusias Belajar

Antusiasme terhadap metode pembelajaran ini juga dirasakan langsung oleh mahasiswa. Intan Widya Permatasari, mahasiswi Program Studi Komunikasi, mengaku lebih bersemangat mengikuti kelas berbasis Roblox.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber:

Berita Terkait

Close Ads