8 Strategi Pengembangan Bisnis yang Efektif
8 Strategi Pengembangan Bisnis yang Efektif-rawpixel-Freepik
JAKARTA, DISWAY.ID - Pada dasarnya, setiap pemilik usaha tentu ingin bisnisnya terus berkembang dan dapat bertahan dalam persaingan. Untuk mewujudkan hal itu, diperlukan strategi pengembangan bisnis yang efektif dan terencana dengan baik.
Strategi ini disusun dengan cermat dan perlu diterapkan di perusahaan secara menyeluruh. Pemilihan strategi yang tepat menjadi
faktor penting dalam mendorong pertumbuhan usaha secara berkelanjutan. Bagi kamu yang sedang merencanakan pengembangan usaha, berikut ini beberapa strategi yang bisa digunakan untuk mendorong pertumbuhan bisnis.
Pengertian Strategi Pengembangan Bisnis
Apakah yang dimaksud dengan strategi pengembanan bisnis? Strategi pengembangan bisnis adalah rangkaian proses untuk menjaga relasi, menemukan peluang, dan menarik klien baru untuk meningkatkan potensi dan keuntungan bisnis.
Strategi pengembangan usaha merupakan serangkaian tujuan, kebijakan, rencana, dan aktivitas perusahaan yang dirancang untuk mengenali peluang bisnis di pasar sekaligus mempertahankan keberlangsungan usaha atau mencapai keberhasilan komersial.
Sesuai dengan model bisnis yang dijalankan, setiap perusahaan mempunyai pendekatan pengembangan bisnis yang berbeda. Selain itu, penyusunan strategi penembanan bisnis juga memerlukan kolaborasi dari seluruh departemen. Dengan kerja sama yang solid, strategi yang diterapkan bisa menghasilkan capaian yang maksimal.
Untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, perusahaan perlu melakukan evaluasi strategi usaha secara berkelanjutan. Analisis strategi usaha berperan dalam perancangan model bisnis yang layak dan dapat memberikan dampak jangka panjang bagi kelangsungan bisnis.
BACA JUGA:Astra Agro Raih Penghargaan INSTAR 2025: Bukti Nyata Komitmen Integritas dan Bisnis Berkelanjutan
8 Strategi Pengembangan Bisnis
Ada sejumlah strategi pengembangan bisnis yang bisa kamu terapkan pada bisnis yang dijalankan, yaitu:
1. Menambah Wawasan Tentang Bisnis
Salah satu strategi pengembangan bisnis yang perlu diperhatikan adalah menambah wawasan tentang bisnis. Upaya ini bisa dilakukan dengan bergabung ke dalam komunitas bisnis atau mengikuti perkuliahan yang relevan. Selain menambah wawasan, hal ini juga membuka peluang untuk memperluas relasi.
2. Membangun Brand Awareness
Merek atau brand berperan sebagai pembeda antara satu produk dengan produk lainnya serta membantu konsumen mengenali produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, membangun brand awareness menjadi hal yang penting dan bisa dilakukan melalui berbagai media.
Ada banyak cara untuk meningkatkan brand awareness. Salah satunya adalah bekerja sama dengan influencer. Selain itu membangun brand awareness juga bisa dilakukan dengan mengelola media sosial dan website secara menarik dan konsisten. Selain menggunakan media sosial, aktivitas branding juga bisa dilakukan secara offline dengan menggunakan poster, billboard, dan sebagainya.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: