Mau Tahu Carfa Menghindari Phishing Kode QR? Perhatikan Langkah Ini Sebelum Memindai

Mau Tahu Carfa Menghindari Phishing Kode QR? Perhatikan Langkah Ini Sebelum Memindai

Kode QR menjadi salah satu cara phishing, yaitu memalsukan tautan palsu agar korban memberikan informasi pribadi, Waspada dan teliti lebih dulu sebelum melakukannya. -Pixabay/@Victoria_Borodinova -

JAKARTA, DISWAY.ID--Banyak fitur yang muncul untuk mempermudah kegiatan sehari-hari, ini seiring dengan perkembangan teknologi dari tahun ke tahun yang semakin baik. 

Satu fitur yang sering ditemukan belakangan ini adalah kode Quick Response, atau QR code. Penggunaannya beragam, mulai dari mempermudah memberikan tautan ke sebuah situs sampai pembayaran.

Perusahaan keamanan siber ITSEC Asia, dalam siaran pers memberikan kemudahan seperti ini perlu diwaspadai lantaran kode QR bisa saja disalahgunakan untuk melancarkan serangan siber.

BACA JUGA:Sudah Benar Cara Sikat Gigi Anda? Berikut Ini Penjelasan Usman Sumantri

Awal tahun ini, di Massachusetts, Amerika Serikat, terjadi kasus pemalsuan kode QR untuk pembayaran parkir. Alih-alih membayar parkir, kode QR ini digunakan penjahat untuk mencuri data pribadi lewat situs pembayaran palsu.

Kode QR ini menjadi salah satu cara phishing, yaitu memalsukan tautan palsu agar korban memberikan informasi pribadi, misalnya dengan meminta mereka untuk masuk (login) ke sebuah akun.

"Jika masyarakat tidak jeli dalam melihat informasi dari QR Code tersebut, data-data pribadi masyarakat dapat terancam dan berdampak pada kerugian-kerugian seperti finansial dan lainnya," kata Presiden Direktur PT ITSEC Asia, Andri Hutama Putra.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Kaki Dingin Ternyata Mudah Ikuti Tips Berikut Ini

Agar terhindar dari phishing berupa kode QR, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum memindai.

1. Lembaga resmi

Ini merupakan cara paling mudah untuk melindungi diri dari phishing, yaitu hanya memindai kode QR dari lembaga resmi. Jangan pernah menggunakan kode QR dari sumber yang tidak diketahui.

2. Teliti

Kode QR biasanya dicetak untuk memudahkan pemindaian, misalnya untuk pembayaran di restoran. Selalu perhatikan keaslian poster kode QR tersebut.

Contohnya, ketika makan di restoran, pastikan kode QR tersebut memang berasal dari rumah makan, bukan dari sumber lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siber itsec asia