81 Bus Listrik Kantongi Sertifikat Registrasi Uji Tipe, Menhub: Segera Beroperasi di Kota Besar

Kamis 16-05-2024,09:07 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi  mendorong tren industri transportasi yang berteknologi tinggi dan berkelanjutan. 

Budi Karya berharap pemerintah mendorong perusahaan angkutan umum agar dapat menyediakan transportasi yang ramah lingkungan dan penggunaan bus berbahan listrik dapat terus meningkat, di mana sebanyak 81 bus listrik telah mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe.

"Saat ini terdapat 81 unit bus listrik yang telah terbit Sertifikat Registrasi Uji Tipe," tuturnya saat menghadiri pameran Busworld Southeast Asia, The Indonesia International Bus Exibition 2024. 

BACA JUGA:2 Bulan Sejak Ancaman Eksekusi Pilot Susi Air, Egianus Kagoya Hilang Tanpa Kabar

BACA JUGA:29 Warga Papua Tinggalkan OPM, Ungkap Dipaksa Bergabung Kelompok Pemberontak

"Di masa mendatang mungkin kita sudah mewajibkan di sejumlah kota besar harus menggunakan bus listrik," lanjutnya. 

Kehadiran bus listrik tentu berdampak sangat baik bagi lingkungan. Pasalnya, polusi telah menjadi masalah di kota-kota besar. Salah satu solusi untuk menurunkan tingkat polusi adalah penggunaan kendaraan listrik. 

Pemerintah Indonesia berkomitmen dalam menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK). 

BACA JUGA:Kepemilikan Jet Pribadi Sandra Dewi dan Harvey Moeis Mulai Dibongkar Kejagung

BACA JUGA:Ratusan Karyawan Polo Ralph Lauren Indonesia Terus Bertahan di MA, Tuntut Pergantian Hakim Kasus Sengketa Merek!

Kemudian, kata Budi Karya, Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan target penurunan emisi tanpa syarat dari 29 persen menjadi 31.89 persen dan dari 41 persen menjadi 43.20 persen untuk bersyarat. 

Untuk mencapai target itu, Kemenhub telah menetapkan program dan kebijakan yang relevan untuk mendukung penyelenggaraan sistem transportasi yang berkelanjutan. 

Menurut Menhub pameran bus seperti ini bagus sekali, selain bagi para produsen dan pelaku bisnis di dunia transportasi, tetapi juga bagi masyarakat secara luas. 

BACA JUGA:120 Lowongan Kerja Pendaming UMKM Dibuka Kominfo, Usia 21-50 Tahun Monggo Melamar

BACA JUGA:5 Prodi Kuliah di BINUS Online, Mahasiswa dan Dosen Kuliah Jarak Jauh Berbasis Teknologi

Kategori :