Berhasil Jaga Sektor Industri, Agus Gumiwang Terima Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden

Jumat 16-08-2024,10:21 WIB
Reporter : Bianca Chairunisa
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA. DISWAY.ID -- Sepanjang kiprahnya sebagai Menteri Perindustrian (Menperin) pada Kabinet Indonesia Maju, Agus Gumiwang Kartasasmita telah mengambil berbagai inisiatif untuk mendukung industri manufaktur nasional. 

Beberapa kebijakan yang dijalankan olehnya antara lain adalah memastikan industri manufaktur tetap bergerak selama pandemi Covid-19, memitigasi dampak terhadap sektor manufaktur di tengah situasi geopolitik, dan melindungi industri dalam negeri dari banjir produk impor sejenis yang ditujukan ke pasar Indonesia.

Atas jasanya tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana atas kontribusinya terhadap keberlangsungan industri tanah air selama masa pemerintahan Presiden Jokowi pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

BACA JUGA:Sanksi Tegas Kemenkes ke Pelaku Bullying PPDS Undip Aulia Risma Lestari, Cabut SIP dan STR!

BACA JUGA:Jadwal dan Link Live Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo Hari Ini, Jumat 16 Agustus 2024

Tanda kehormatan tersebut dianugerahkan pada tanggal 14 Agustus 2024 di Istana Negara dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024.

"Insya Allah, kita bisa pertahankan nilai dari penghargaan yang diberikan oleh negara melalui Bapak Presiden," ujar Menperin Agus dalam keterangannya di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu 14 Agustus 2024.

Berkat upaya Menperin Agus tersebut, industri manufaktur menunjukkan kinerja gemilang.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), kinerja industri pengolahan konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap perekonomian nasional, yang tecermin pada capaian triwulan II tahun 2024 sebesar 18,52 persen. 

Angka tersebut lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu sekitar 18,26 persen.

BACA JUGA:AHY Ungkap Alasan SBY Tidak Menghadiri Upacara HUT RI ke-79 di IKN

BACA JUGA:Peringati HUT ke-79 RI, Kemdikbudristek Gelar Pameran LEGASI di Stasiun MRT Bundaran HI

Pada periode yang sama, pertumbuhan industri pengolahan nonmigas mencapai 4,63 persen (y-on-y).

Bintang Mahaputera Adipradana sendiri merupakan Tanda Kehormatan tertinggi setelah Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia.

Penghargaan ini diberikan oleh presiden kepada seseorang yang dinilai mempunyai jasa yang besar terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Kategori :