H-3 Mudik Lebaran 2022, Wakapolri Akui 98 Km Antrean Kendaraan Menuju Pelabuhan Merak Sulit Terurai

H-3 Mudik Lebaran 2022, Wakapolri Akui 98 Km Antrean Kendaraan Menuju Pelabuhan Merak Sulit Terurai

Aktivitas Portlink III kapal yang disiapkan ASDP Ferry Indonesia yang tengah sandar dan mengangkut ratusan kendaraan roda dua dan empat.-Syaiful Amri/Disway.id-disway.id

”Profesi saya mekanik, saya punya bengkel mobil mas. Ya sengaja H-3 mudik Lebaran 2022 baru bisa berangkat karena banyak kerjaan, eh ga tahunya macetnya separah ini,” terang pria berkacamata itu. 

Keletihan pengemudi belum tuntas. Kondisi makin diperparah dengan kemacetan yang terjadi di pintu masuk Tol Serang. Panjang antrean diperkirakan 10 km.

Pihak ASDP sebenarnya sudah mengingatkan, pada H-3 Lebaran 2022 menjadi puncak mudik. Kepadatan jumlah kendaraan, baik roda 2 dan 4 serta pejalan kaki berlipat tiga kali lipat.   

Sementara, pihak kepolisian dan otoritas Tol memberlakukan buka tutup ruas jalan, guna menghindari kepadatan kendaraan di pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Merak, Cilegon, Banten.  

Meski pacet parah, arus mudik lebaran tahun 2022 cukup terkendali. ”Dari subuh saya sudah berangkat. Sampai pintu Tol Serang sekira pukul 14.00 WIB. Gerbang Tol Cikupa dan Serang macet parah mas. Padahal saya sudah mengantisipasi berangkat sejak dini hari,” tutur Lesmana, pria yang mengaku warga Pagedangang, Kabupaten Tangerang.

Selepas pintu Tol Serang mulai terlihat kendaraan roda 2 dan 4 begitu pula bus AKAP membaur di Jalar Raya Cilegon. Jelas kemacetan kembali terjadi.  

Kepanikan pemudik kembali muncul saat pihak LLAJ dan kepolisian mengarahkan kendaraan menuju Pelabuhan Utama ASDP Merak yang biasanya digunakan untuk penyeberangan kelas reguler.

”Silahkan Anda masuk ke pintu pelabuhan utama ASDP. Di sini (Pelabuhan eksekutif) ditutup. Anda bisa lihat dari subuh kendaraan itu belum diangkut, mohon pengertiannya,” terang salah satu petugas dari Satlantas Polda Banten seraya menunjuk area parkir dermaga eksekutif. 

Tak ayal kemacetan juga kembali terjadi saat kendaraan memasuki Pelabuhan ASDP yang kerap digunkan untuk mengangkut logistik.

Padahal H-3 mudik lebaran 2022, ASPD membuka semua gate masuk tanpa terkecuali.  

Sementara pada kelas eksekutif, pihak ASDP memecah jalur kendaraan roda 2 dan roda 4. Ini berbeda dengan kelas reguler yang terlihat digabung. 

Kondisi ini pun sebenarnya tidak mampu terurai. Pengemudi kerap keluar dari kendaraan untuk menghirup udara di tengah terik matahari yang menyengat kulit. 

Dua jam menunggu kapal kelas eksekutif sandar di dermaga 3. Satu persatu kendaraan digiring masuk.

Kepanikan pemudik baik pejalan kaki maupun pengendara kendaraan ternyata belum berhenti. 

Portlink III salah satu moda angkutan laut milik Kapal Ferry Indonesia dengan kapasitas besar ternyata tak cukup menampung ratusan pemudik pada H-3 mudik lebaran 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: