Jokowi Bersyukur Lebaran Tahun Ini Bisa Kumpul dengan Keluarga: Bertemu Orang Tua dan Kerabat

 Jokowi Bersyukur Lebaran Tahun Ini Bisa Kumpul dengan Keluarga: Bertemu Orang Tua dan Kerabat

Presiden Jokowi.--

“Secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022 Masehi atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 Hijriah,” katanya.

Menurut Kamaruddin, pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 Hijriah, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat.

Sedangkan kata awal Syawal 1443 Hijriah untuk penetapannya menunggu hasil rukyatul hilal.

BACA JUGA:Ingat! Ini Tips Mudik agar Tidak Merasa Lelah Berlebihan, Yuk Simak Jangan Diremehkan

“Kemenag akan menggelar rukyatul hilal pada 99 titik di seluruh Indonesia.

Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten dan Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain,” katanya.

Dari 99 titik lokasi rukyatul Hilal awal Syawal 1443 Hijriah di seluruh Indonesia. Salah satunya dilaksanakan di Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

BACA JUGA:Duh Ngeri, Ibu dan Balita Disekap 4 Bulan, Juga Disiksa Pria Kumpul Kebonya

“Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Syawal 1443 H,” katanya, mengutip situs Kemenag, 18 April 2022 lalu.

“Sidang akan digelar secara hybrid, yakni daring dan luring. Sebagian peserta hadir di lokasi acara, sebagian mengikuti secara online melalui zoom meeting".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: