Presiden Joko Widodo Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal

Presiden Joko Widodo Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan terkait arus balik Lebaran tahun 2022 di Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Selasa, 3 Mei 2022. -Setpres-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik Idulfitri tahun ini.

yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pada momen Idulfitri tahun ini untuk

Pemerintah sendiri memprediksi bahwa puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6-8 Mei 2022.

BACA JUGA:Bangunan Runtuh 2 Dilaporkan Tewas, Puluhan Lainnya Terjebak dalam Gedung di Kota Changsha

”Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022,” terang Presiden Joko Widodo dalam keterangannya di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Selasa, 3 Mei 2022.

Untuk menghindari kepadatan arus balik, dan agar kita semua nyaman di perjalanan, Presiden juga mengimbau, masyarakat melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi. 

”Agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik. Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja,” imbuhnya.

BACA JUGA:Presiden Jokowi dan Ibu Iriana: Selamat Berlebaran, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Lebih lanjut, Kepala Negara menegaskan bahwa pemerintah akan selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat. 

Termasuk mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Berbagai kebijakan tersebut, lanjutnya, diterapkan demi kenyamanan masyarakat yang melakukan perjalanan.

”Kebijakan ganjil genap, aturan satu arah (one way) dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan. Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman,” tandasnya.

BACA JUGA:Satu Perwira Terjaring OTT, Kabid Humas Polda Lampung Beri Penjelasan

Sementara itu Posko Operasi Ketupat 2022 mencatat terjadi 2.945 kecelakaan lalu lintas di jalan tol dan non-tol selama arus mudik Lebaran Idul Fitri 2022 dari periode 23 April hingga 2 Mei.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo, menyebutkan 2.945 kejadian kecelakaan tersebut terdiri atas 51 kejadian kecelakaan di jalan tol dan 2.894 di jalan non-tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: