Libur Idul Fitri 2022, Okupansi Hotel di Palembang Meningkat 80 Persen

Libur Idul Fitri 2022, Okupansi Hotel di Palembang Meningkat 80 Persen

Ilustrasi/Hotel -Pixabay-

PALEMBANG, DISWAY.ID-Okupansi sejumlah hotel di PALEMBANG mengalami peningkatan hunian saat Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Salah satunya Harper Hotel Palembang yang bertempat di Jalan R. Sukamto No 20, 20 Ilir D II, Kecamatan Kemuning, Palembang.

Marketing Communications Harper Palembang Fiska Surya Martin mengatakan bahwa hotel tempat dia bekerja itu mengalami peningkatan hingga 80 persen saat Ramadan hingga Lebaran Idulfitri.

“Setiap tahun mengalami peningkatan, untuk tahun ini 80 persen kamar hotel terjual hingga saat Lebaran, dari total 163 kamar,” kata Fiska, Selasa 3 Mei 2022 siang.

Diungkapkannya, kamar hotel yang dipesan masyarakat kebanyakan melalui pemesanan online.

“Harga kamar ketika lebaran naik 10 persen sekitar Rp 650 ribu hingga Rp 800 ribu untuk harga umum, sedangkan harga perusahaan lebih murah yakni sekitar Rp 550 ribu. Untuk tarif pemesanan online sekitar Rp 491 ribu tidak termasuk sarapan,” ungkapnya.

Lanjut Fiska, target okupansi saat Lebaran kebanyakan difokuskan untuk perjalanan bisnis, namun untuk perorangan yang memesan juga banyak.

“Banyak tamu dari luar, seperti perjalanan bisnis seperti beberapa perusahan di Kota Jakarta, Kabupaten di Sumsel yang memesan kamar, namun untuk lokal juga banyak yang memesan untuk staycation,”

Sementara, hal serupa dialami Batiqa Hotel Palembang yang mengalami peningkatan hunian saat Lebaran.

“Untuk periode Lebaran tingkat Hunian Kamar, Alhamdulillah signifikan naik, bisa dibilang seluruh kamar terisi,” kata Assistant Sales & Marketing Batiqa Hotel Palembang, Decky Martin, Rabu 4 Mei 2022 pagi.

Dijelaskannya, peningkatan secara persentase lebih besar dibandingkan dari periode puasa, terdapat kenaikan kurang lebih 45 persen dari total kamar 160 kamar.

“Dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu memang jauh meningkat, karena memang tahun lalu masih diberlakukan pembatasan PPKM,” jelasnya.

Lanjut Decky, untuk harga kamar di periode Lebaran, tarif yang dikenakan mulai dari Rp530 ribu per malam.

“Untuk kenaikan harga kamarnya ada sedikit kenaikan tapi tidak terlalu besar dibandingkan dengan hari biasanya,” tukasnya. (mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co