Evakuasi Longsor Setu Tangsel Hanya Dengan 20 Orang Tim BPBD Gegara Alat Berat Sulit Masuk

Evakuasi Longsor Setu Tangsel Hanya Dengan 20 Orang Tim BPBD Gegara Alat Berat Sulit Masuk

Insiden tanah longsor di Kademangan, Setu Tangsel-M. Ichsan-

TANGSEL, DISWAY.ID – Hujan deras dengan intensitas tinggi yang berdurasi cukup lama membuat terjadi insiden tanah longsor di Jalan H. Saanan RT003 RW003, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu 4 Mei 2022.

Insiden tersebut membuat 3 rumah dari 4 kepala keluarga berpotensi robohn namun evakuasi longsor Setu Tangsel hanya dengan 20 orang tim BPBD gegara alat berat sulit masuk.

Beruntung pihak dari dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel langsung bergerak cepat untuk mengevakuasi untuk membersihkan material longsor dan mengevakuasi penghuni rumah.

Atas insiden tersebut membuat tanah di ketinggian 6 meter, panjang 20 meter terkikis dan material longsor membuat sungai kecil tersumbat serta satu rumah terkena dampak banjir.

BACA JUGA:Info Arus Balik 2022, Polisi Lakukan Sterilisasi di Tol Palimanan-Cikampek Jelang Penerapan One Way

“Sejak lebaran hari pertama hujan memang deras banget seharian membuat 3 rumah di lingkungan saya mengalami insiden longsor. Penghuninya sudah diungsikan ke rumah kerabat/saudaranya,” ujar Karman, selaku Ketua RW003, Kademangan, Setu Tangsel kepada Disway, Kamis 5 Mei 2022.

Karman juga mengatakan, untuk evakuasi pembersihan material longsor ini terkendala dengan akses jalan yang cukup sempit, sehingga menyulitkan untuk mendatangkan alat berat.


Insiden tanah longsor di Kademangan, Setu Tangsel-M. Ichsan-

“Iya, kendalanya di akses jalan, alat berat tidak bisa masuk, jadi pembersihan material longsornya manual. Ada sekitar 20 orang tenaga dari tim BPBD yang diturunkan, dan akan berusaha semaksimal mungkin agar cepat selesai proses evakuasinya,” jelasnya.

BACA JUGA:Satu Indonesia Kena Prank! Wanita di Bali yang Terikat Ditengah Hutan Ternyata Cuma Pura-pura Diculik

“Saya gak lupa ucapkan terima kasih dan apresiasi atas respon cepat dari Tim gabungan BPBD bersama dinas sumber daya air, bina marga dan bina konstruksi saat ini terus berupaya evakuasi material longsoran tanah, hingga pak Lurah Kademangan yang kemarin sempat datang langsung melihat lokasi longsor,’ pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: