Indonesia Menuju Kehidupan Normal, Luhut: Hanya Kabupaten Pamekasan Level 3

Indonesia Menuju Kehidupan Normal, Luhut: Hanya Kabupaten Pamekasan Level 3

Menko Ekon Airlangga Hartarto, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menkes Budi G. Sadikin memberikan keterangan pers, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 9 Mei 2022. -Setkab/Agung-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Indonesia menuju kehidupan normal. Ini dibuktikan dengan tidak ada lagi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Bahkan Level 3 hanya ada 1 daerah yakni di Kabupaten Pamekasan lantaran capaian vaksinasi yang rendah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (LBP) menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers seusai rapat terbatas (ratas) PPKM yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

”Ya, hanya Kabupaten Pamekasan yang masih berada di level 3 akibat capaian vaksinasi yang tidak memadai,” terang Luhut Senin 9 Mei 2022.

BACA JUGA:Ucapkan Permohonan Maaf, Menko Luhut Kasih Pesan Jelang Idul Fitri 1443 H: Semoga Tidak Ada Varian Ganas Lagi

Pemerintah sambung Luhut terus berharap capaian vaksinasi di seluruh daerah terus ditingkatkan sesuai dengan target yang ada.

Ini bukti tanggungjawab dari pemerintah melindungi segenap rakyatnya dari wabah penularan Covid-19 yang telah 2 tahun begitu merusak sendi kehidupan. 

Sisi ekonomi, tingkat kematian yang tinggi, serta ancaman penularan yang terus menghantui menjadikan seluruh sendi kehidupan di bawah ancaman penyakit yang mengarah pada kematian.

BACA JUGA:Dari Cerita Luhut: Jokowi Bertemu Elon Musk di Markas SpaceX 

Pemerintah, sambung Luhut terus membenahi hal-hal yang dirasa kurang memuaskan, baik dari sisi percepatan pemberian vaksin, distribusi termasuk pelayanan kepada masyarakat. Menggelorakan sosialisasi vaksinasi harus terus disampaikan ke publik. 

Nah, detail keputusan pelonggaran wilayah nantinya akan di dituangkan dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) yang akan keluar dalam waktu dekat ini,” ungkap Luhut.

Ditambahkan Luhut dari data dan laporan yang diterima diyakni varian Omicron di Indonesia masih terkendali, meski di tengah arus mudik dan balik Lebaran 2022.

BACA JUGA:Elon Musk dan Luhut Akhirnya Bertemu di Pabrik Tesla, Jadi Investasi di Indonesia?  

Ini ditandai dengan menurunnya kasus harian untuk seluruh provinsi di Jawa dan Bali yang nyaris menembus 99 persen dibandingkan puncak kasus Omicron.

Dengan begitu, sambung LBP, relaksasi aturan PPKM akan terus dipermudah dan dilonggarkan. ”Tapi ingat terapkan standar protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah,” timpalnya pria yang biasa disebut LBP itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: