Hobi Unik Lily Wahid Buat Dirinya Berkacamata Sejak Kecil? Begini Kisah Lengkapnya

Hobi Unik Lily Wahid Buat Dirinya Berkacamata Sejak Kecil? Begini Kisah Lengkapnya

Lily Wahid-Radar Tegal-DNN-

JAKARTA, DISWAY.ID - Hj. Lily Chodijah Wahid atau yang akrab dipanggil Lily Wahid adalah adik kandung Gus yang tutup usia pada Senin, 9 Mei 2022.

Lily Wahid adalah anak kelima dari pasangan suami istri KH. A. Wahid Hasyim dengan Ibu Nyai Solichah A. Wahid Hasyim. Usianya baru lima tahun ketika sang ayah pergi wafat meninggalkannya. 

Kemudian Lily diasuh oleh ibunya yang sedang mengandung. Ibu dan kakaknya berjasa besar dalam menanamkan ajaran agama padanya. Setiap hari beliau dan kakak-kakaknya diajari ibunya membaca al-Quran dan pelajaran agama lainnya. 

BACA JUGA:Pemerintah Akan Berlakukan Kembali PPKM Jawa - Bali

Terkadang KH. Bisri Syansuri yang merupakan kakek dari pihak ibunya datang berkunjung dan mengajari mereka membaca al-Quran, yang mana beliau sangat memperhatikan tajwid dalam melafalkan bacaan-bacaan al-Quran.

Dikutip dari Tebuireng, Lily adalah pribadi yang mempunyai kegemaran membaca dan seni. Bukan hanya pelajaran yang dibacanya. Malah yang lebih banyak dibaca justru komik-komik silat. 

“Kalau sudah membaca komik sambil makan kuaci di pojok rumah, sudah tidak ingat apa-apa seharian,” begitu katanya mengenang saat-saat itu.

BACA JUGA:Sindir Kekuatan Spur Jelang Pertemuan 12 Mei, Arteta: Tiket Liga Champions di Tangan Kami

Di bidang seni, Lily juga menyukai lagu dan musik. Uniknya, di masa itu beliau bersama kakak-kakaknya sudah berkacamata, padahal belum banyak anak-anak yang berkaca mata. Mereka juga suka menonton film di bioskop. 

Berhubung malu karena semuanya memakai kacamata maka sebelum pergi, mereka mengundi dengan tangan untuk menentukan siapa yang harus melepaskan kacamata.

Diketahui, Lily dikaruniai tiga anak dari suaminya yang wafat tahun 1987. Pertama, Nurul Fatchiati (Nungki) yang bekerja di Kompas dan kini ditempatkan di Yogyakarta. 

BACA JUGA:Pemilu Filipina, 3 Calon Kuat Mulai Politisi, Keluarga Diktator Hingga Petinju Kelas Dunia

Kedua, Riri, menetap di Gresik dan menjadi karyawan BUMN di kota ini. Yang terakhir Maria Adviani (Vivi), lulusan Institut Pertanian Bogor. Kini mereka semua telah dewasa. Kepada anak-anaknya beliau berharap agar mereka dapat melanjutkan cara-cara yang ditempuhnya ketika mendidik mereka dulu.

Karier Lily Wahid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: