Aston Martin V12 Vantage, Generasi Terakhir Dengan Mesin Bahan Bakar Fosil

Aston Martin V12 Vantage, Generasi Terakhir Dengan Mesin Bahan Bakar Fosil

Aston Martin V12 Vantage merupakan generasi terakhir dengan mesin bahan bakar fosil yang akan diproduksi oleh perusahaan mobil bermarkas di Ingris ini menjelang pindah ke kendaraan listrik.-netcarshow-

JAKARTA, DISWAY.ID – Meskipun otomotif dunia disibukan dengan kendaraan listrik, Aston Martin kembali memperkenalkan line up terbarunya dengan mesin konvensional berbahan bakar fosil.

Dirilis dari reuters.com, Executive Chairman and Investor Aston Martin Lawrence Stroll mengungkapkan bahwa Aston Martin V12 Vantage merupakan generasi terakhir dengan mesin bahan bakar fosil yang akan diproduksi oleh perusahaan mobil bermarkas di Ingris ini menjelang pindah ke kendaraan listrik.

Direncanakan Aston Martin V12 Vantage akan diproduksi hanya 333 unit dengan harga mencapai $300.000, dimana Stroll mengatakan bahwa jumlah produksi ini melebihi tiga kali dari permintaan konsumenya. 

Kehadiran dari Aston Martin V12 Vantage tak lepas dari pengembangan generasi sebelumnya yaitu Aston Martin V12 Vantage RS Concept yang diperkenalkan pada 2007 silam.

BACA JUGA:Penuhi Undangan Prancis, Prabowo dan Presiden Emmanuel Macron Bahas Jet Tempur

Sebagai sumber tenaga Aston Martin V12 Vantage dilengkapi dengan mesin 5.2L V12 yang mampu menyuplai tenaga hingga 700HP pada 6500 rpm dan torsi 753Nm dari 1800rpm hingga 6000rpm yang dipadukan dengan transmisi otomatis ZF 8-percepatan serta Limited-Slip Differential (LSD) mekanis yang terpasang di bagian belakang mobil.


Mesin 5.2L V12 yang mampu menyuplai tenaga hingga 700HP dan melaju dengan kecepatan hingga 200kmh.-netcarshow-

Dengan pasokan tenaga yang besar tersebut merek mobil yang selalu digunakan oleh James Bond ini mampu mencapai top speed hingga 200mph dan hanya butuh waktu 3,4 detik untuk melesat dari 0-60mph.

Tak hanya itu kemampuan dari Aston Martin V12 Vantage juga didukung dengan sistem pembuangan baru baja anti karat 1mm yang ringan sehingga menghemat bobot kendaraan hingga 7,2kg dibandingkan generasi sebelumnya.

BACA JUGA:Pasar Otomotif di Indonesia Ternyata Bikin Geleng-geleng Kepala, Bamsoet: Memang Bikin Ngiler

Selain itu untuk meningkatkan peformanya, dimana Aston Martin juga melakukan berbagai pengurangan bobot diantaranya bumper depan yang menggunakan, kap mesin clamshell, spatbor depan dan kusen samping yang menggunakan serat karbon.

Dalam mendukung Aston Martin V12 Vantage dalam melesat tingkat kekerasan suspensi telah ditingkatkan 50 persen di depan dan 40 persen di belakang.

Tak sampai disitu, bagian sistem kemudi juga telah mendapatkan perubahan dengan melakukan kalibrasi sehingga meningkatkan sensai berkendara yang responsive.

BACA JUGA:25 Mobil Tes Drive dari 13 Merek Mobil Menunggu di Jakarta Auto Week 2022

Tentunya keamanan menjadi fokus dari Aston Martin, dimana untuk mennahan laju kendaraan, V12 Vantage telah dilengkapi dengan sistem Carbon Ceramic Braking (CCB) sebagai standar dengan ukuran cakram 410mm x 38mm dengan kaliper 6-piston bagian depan cakram 360mm x 32mm dengan kaliper 4 piston pada bagian belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters.com