Emas Pertama Basket Indonesia Pecah, Erick Thohir: Patahkan Rekor Filipina, Ini Sejarah Congrats!

Emas Pertama Basket Indonesia Pecah, Erick Thohir: Patahkan Rekor Filipina, Ini Sejarah Congrats!

Cabor basket akhirnya berprestasi dengan meraih medali emas mengalahkan Filipina tim kuat kawasan Asia Tenggara, di Thanh Try Gymnasium, Hanoi, Minggu 22 Mei 2022.-Official Timnas Basket -Disway.id

HANOI, DISWAY.ID - Tim Basket Indonesia berhasil meraih medali emas sejak kali pertama keikutsertaannya di Sea Games 1977 dengan menumbangkan juara 13 Filipina.

Tim Basket Indonesia mematahkan rekor Filipina yang telah 13 kali berturut-turut mengantongi emas di SEA Games. Ini prestasi yang membanggakan. Ini adalah sejarah yang tercipta di Thanh Try Gymnasium, Hanoi, Minggu 22 Mei 2022. 

Filipina selama ini menjadi tim yang paling sulit dikalahkan di cabang bola basket sejak 1977 hingga penyelenggara 2019.

BACA JUGA:Keren! Lando Norris Bakal Pakai Helm dari Bola Basket di GP Miami

Filipina hanya sekali melepas gelar kepada Malaysia pada 1979 dan 1989. Dan kini mereka harus mengakui Indonesia juara baru bola basket di kawasan Asia Tenggara.

Tim basket Indonesia menang dengan skor 85-81. “Petjah!!! Emas pertama untuk basket Indonesia sejak 1977. Mematahkan rekor Filipina yang telah 13 kali berturut-turut mendapat emas di SEA Games. Congrats!” twit Menteri BUMN Erick Thohir.  

Ya, Tim basket putra Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan menjuarai SEA Games Vietnam 2021 setelah memetik 6 kemenangan dari total 7 peserta dalam sistem round robin. Pada laga penentuan, Indonesia berhadapan dengan Filipina yang sama-sama berbekal 5 kemenangan. 

Indonesia belum pernah meraih medali emas bola basket putra SEA Games sejak mulai berpartisipasi pada 1977 dan selalu saja harus puas dengan perak di bawah Filipina, yang memang punya reputasi sebagai raja bola keranjang Asia Tenggara yang bahkan tampil di Piala Dunia FIBA dalam beberapa kesempatan.

BACA JUGA:Toko Mekari, Outlet Resmi Jersey Timnas Basket Indonesia Kini Punya Gerai Offline

Pada SEA Games 2019, Indonesia bahkan harus pulang dengan tangan hampa setelah ditaklukkan Vietnam dalam perebutan medali perunggu, hasil yang terjun bebas dibandingkan perak dalam SEA Games Kuala Lumpur 2017.

Kini, tim yang diperkuat oleh tiga orang pemain naturalisasi, Diagne Dame, Terrell Bolden Marques, Jawato Brandon ini tampil digdaya dengan selalu unggul dalam setiap babak (10 menit).

Indonesia sebetulnya sudah memastikan setidaknya medali perak SEA Games 2021 berkat lima kemenangan dalam lima pertandingan yang sudah dimainkan. Andakara Prastawa dkk saat ini menempati posisi kedua, tetapi tertinggal jauh dalam akumulasi skor dibandingkan Filipina, yang berada di puncak, meski kedua tim sama-sama mengoleksi 10 poin.

Secara keseluruhan, tim bola basket putra Indonesia diperkuat 12 orang pemain yakni Juan Laurent, Michael Xzavierro Derrick, Lakudu Hardianus, Jawato Brandon, Darmar Grahita Abraham (C), Prastawa Dhyaksa Andakara, Saputera Yudha, Rivaldi Rosasih Vincent, Terrel Bolden Marques, Yeshe Goantara Agassi, Diagne Dame, Dikania Wisnu Arki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: