5 Cara Agar Aki Makin Awet Gak Bikin Ribet

5 Cara Agar Aki Makin Awet Gak Bikin Ribet

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aki makin awet gak bikin ribet, meskipun aki tersebut merupakan tipe yang maintenance free atu tak perlu perawatan.-reza-

JAKARTA, DISWAY.ID – Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aki makin awet gak bikin ribet, meskipun aki tersebut merupakan tipe yang maintenance free atau tak perlu perawatan.

Hal tersebut dikarenakan aki merupakan salah satu bagaian yang sangat memegang peranan penting pada kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor dan dibutuhkan perlakuan khusus agar aki makin awet gak bikin ribet.

Terdapat 3 jenis aki yang biasa digunakan pada setiap kendaraan, diantaranya aki kering, hybrid atau aki basah dengan teknologi maintenance free serta aki basah atau konvensional.

BACA JUGA:K. Shanmugam Sebut Banyak Orang RI Bela Singapura Terkait Kasus UAS, Abu Janda: Lebih Banyak Orang Waras

Menurut Muksin selaku kepala mekanik dari Fast, mengungkapkan bahwa apapun jenis aki yang digunakan diperlukan penanganan khusus, apalagi jika kendaraan jarang digunakan.

“Setiap aki mempunyai sifat discharging atau daya yang tersimpan akan berkurang dengan sendirinya, baik saat digunakan maupun tidak digunakan,” jelas Muksin.

Masih dengan Muksin, dalam mengatasi hal ini harus dilakukan pengisian sehingga dapat mengisi kembali daya yang hilang tersebut.

Agar aki tidak gampak rusak atau usia pakai sesuai dengan rekomdasi, ada beberapa hal yang harus di perhatikan.

BACA JUGA:Renggut Keperjakaan Pelajar SMK Sampai Depresi, Janda Ini Ngakunya Bukan PSK

1. Pastikan penggunakan daya pada mobil sesuai dengan kapasitas yang ditentukan.

Aki tidak hanya menyuplai daya saat starter mobil semata, namun juga akan menyuplai daya ke perangkat elektronik kendaraan.

Jika terjadi kelebihan pemakaian, maka kapasitas daya pada aki akan terus terpakai dan tidak diimbangin dengan pengisian yang ada sehingga akan membuat daya aki menjadi tekor atau habis.

2. Pastikan system pengisian atau alternator bekerja dengan semestinya.

BACA JUGA:Seorang PRT Direhabilitasi di Kasus 2 Hakim PN Rangkasbitung Tersangka Narkoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait