Naturalisasi Shayne Pattynama Terhambat? Tenang Ketum PSSI Punya Alternatif

Naturalisasi Shayne Pattynama Terhambat? Tenang Ketum PSSI Punya Alternatif

Shayne Pattynama, salah satu pemain yang rencananya dinaturalisasi akan mengikuti langkah Jordi Amat dan Sandy Walsh dengan berkunjung ke Indonesia. Shayne direncanakan mendarat di Jakarta pekan depan.-PSSI -Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Shayne Pattynama tidak akan menemui jalan buntu dalam proses naturalisasi. Ini setelah muncul dukungan dari keluarganya di Belanda terutama syahwat PSSI yang begitu gigih memperjuangkan pemain yang bermain di Liga Norwegia itu. 

Shayne Pattynama kini tengah bersiap meluncur ke Jakarta Bersama keluarganya untuk mengikuti tahapan naturalisasi yang diwajibkan PSSI.  

Shayne Pattynama akan mengikuti langkah Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk selesaikan proses naturalisasi. Pemain yang kerap mengenakan nomor punggung 20 itu sosok yang segera dipermanenkan sebagai WNI.

BACA JUGA:FIFA Match Day: Timnas Indonesia vs Bangladesh, Berikut 29 Pemain yang Dipanggil Shin Tae-Yong  

Jika proses naturalisasi Shayne Pattynama berjalan lancar maka kemungkinan besar, kualifikasi Piala Asia yang tinggal menunggu hitungan hari akan dilengkapi dengan 3 pemain anyar. 

Namun jika proses naturalisasi ini menemui jalan buntu alias gagal maka PSSI berencana menggunakan pemain timnas Indonesia seadanya jika proses naturalisasi pemain keturunan gagal.

Shayne Pattynama memang pemian yang sedang diburu tim besutan Shin Tae-yong apalagi berposisi sebagai bek sayap kiri. 

Shayne Pattynama yang memiliki postur 180 cm itu cukup memadai masuk ke Timnas Indonesia, selain muda ia juga kini membela Viking FK. Bersama Viking FK, Shayne mencatatkan 26 penampilan dan mencetak dua gol plus lima assists.

BACA JUGA:Jordi Amat dan Sandy Walsh Selesai Tes Medis Pulang Pakai Batik, PSSI Umumkan Hasilnya

Shayne Pattynama yang kini menginjak usia 23 tahun ini lebih banyak bermain di Eerste Divisie alias kasta kedua Liga Belanda. Karirnya dirintis saat dipercaya membela Jong Utrecht dan SC Telstar. 

Exco PSSI Hasani Abdulgani menyebutkan Shayne Pattynama sudah mengirimkan surat pernyataan bersedia bermain untuk Timnas Indonesia beserta dokumen pendukung lainnya. 

Hal tersebut membuat proses naturalisasi Shayne Pattynama bakal segera bisa dilakukan tanpa ada hambatan berarti. “Sudah siap, Insya Allah dokumen yang dikirim sudah lengkap termasuk akte lahir ayahnya,” terang Hasani, Rabu 25 Mei 2022. 

Selain Shayne Pattynama, ada 2 nama yang sudah mengirimkan dokumen persyaratan untuk menjadi Warga Negara Indonesia. Mereka yakni Sandy Walsh, dan Jordi Amat. Keduanya lebih dulu melakukan tahap-tahap naturalisasi yang diminta PSSI.

BACA JUGA:Proyek Naturalisasi PSSI Berjalan Mulus di Belanda  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pssi