Ahli ITB Ragukan Nikuba Si Alat Konversi Air Menjadi BBM, Karena Hal-Hal Ini

Ahli ITB Ragukan Nikuba Si Alat Konversi Air Menjadi BBM, Karena Hal-Hal Ini

Nikuba yang dipakai disalah satu motor. Foto : ist--

"Campuran itulah yang diduga menjadi sumber energi," sebutnya.

Alumnus The MIT Energy Laboratory, Massachusetts Institute of Technology (MIT) USA tahun 1994 ini mengungkapkan, konversi air menjadi hidrogen sudah dikenal sejak 200 tahun lalu namun melalui penemuan prinsip elektrolisis sekitar tahun 1800.

Selanjutnya, prinsip alkaline electrolysis sekitar tahun 1900.

BACA JUGA:Alex Noerdin Dituntut 20 Tahun Penjara, Katanya: Jaksa Kejam!

Ahli dari Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB Tri Yuswidjajanto mengatakan, HHO tidak dapat menggantikan Bensin karena produksi HHO terbatas oleh pasokan listrik dari accu.

"Kemampuan maksimal dari accu hanya bisa memproduksi 0,7 persen energi yang diperlukan sepeda motor. Sementara jika produksi HHO ditingkatkan, maka accu akan tekor, sehingga sepeda motor akan mogok, karena tidak ada pasokan listrik ke busi," ungkapnya.

Menurutnya, HHO (H2O) hanya dapat berfungsi sebagai suplemen, tetapi andil terhadap efisiensi kemungkinan akan rendah.

Dia mengingatkan produk reaksi berupa H2O dan adanya uap air yang terikut diam HH dapat memunculkan bahaya korosi pada komponen ruang bakar.

Ini yang menjadi terbentuknya emulsi minyak lumas yang akan meningkatkan laju keausan komponen transmisi daya.

"Perlu dilakukan penelitian lengkap jangka panjang minimal 3x periode ganti minyak lumas, sebelum menggunakan Nikuba. Tapi dalam hal ini saya sangat ingin mengajak diskusi penemu Nikuba untuk sama-sama menghitung, sehingga bisa disampaikan kepada masyarakat, " ujarnya.

BACA JUGA:Pau Torres Mendekat ke Old Trafford

Nikuba oleh penemunya Aryanto Misel, pria asal Kabupaten Cirebon, diklaim dapat mengubah air menjadi hidrogen sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar tanpa minyak pada kendaraan.

Dalam sebuah tayangan berjudul "Yakin Air Jadi Bensin? - AIMAN di chanel YouTube KompasTV", Selasa 24 Mei 2022 malam, fenomena nikuba diungkapkan. 

Sang reporter di chanel tersebut, Aiman mendatangi langsung kediaman Aryanto Misel.

Tepatnya di sebuah Desa di Kabupaten Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: