Putin Hubungi Erdogan, Rusia Siap Ekspor Pupuk dan Makanan dalam Jumlah Besar

Putin Hubungi Erdogan, Rusia Siap Ekspor Pupuk dan Makanan dalam Jumlah Besar

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan-Instagram/rterdogan-Instagram/rterdogan

MOSKOW, DISWAY.ID-Presiden Rusia Vladimir Putin mengkonfirmasi, jika Turki mencabut sanksi maka Rusia akan siap mengekspor pupuk dan makanan.

Kantor Berita Rusia, TASS melaporkan Putiin telah menghubungi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Senin 30 Mei 2022. 

Menurut Kremlin, mengingat masalah pangan global yang tengah terjadi maka dipastikan Rusia siap ekspor pupuk dan produk pertanian dalam jumlah besar apabila pembatasan sanksi anti-Rusia dicabut.

BACA JUGA:Putin Stop Pasokan Gas ke Polandia dan Bulgaria, Gazprom: Harus Bayar dengan Prosedur Baru

 “Mengingat masalah di pasar pangan global yang terjadi sebagai akibat dari kebijakan keuangan dan ekonomi yang tidak bijaksana dari negara-negara Barat, telah dipastikan bahwa Rusia dapat mengekspor pupuk dan produk pertanian dalam jumlah besar jika pembatasan sanksi anti-Rusia yang relevan dicabut, " kata Kremlin.

Putin dan Erdogan membahas situasi di Ukraina dengan fokus pada penyediaan navigasi yang aman di Laut Hitam dan Laut Azov dan penghapusan ancaman ranjau di wilayah perairan mereka, layanan pers Kremlin menambahkan.

BACA JUGA:Tiba-tiba Putin Melunak, Hubungi Prancis dan Jerman Bahas Ekspor Pupuk dan Gandum Ukraina

 “Vladimir Putin mencatat kesiapan pihak Rusia untuk memfasilitasi transit barang melalui laut tanpa hambatan berkoordinasi dengan mitra Turki. Ini juga berkaitan dengan ekspor biji-bijian dari pelabuhan Ukraina,” kata layanan pers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: