Mulai 28 April 2022, Polri Terapkan Ganjil Genap dan One Way dari Tol Japek Hingga Kalikangkung

Mulai 28 April 2022, Polri Terapkan Ganjil Genap dan One Way dari Tol Japek Hingga Kalikangkung

Ilustrasi/Tol Cikampek --Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID-Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan berlakukan ganjil genap dan one way di sepanjang Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) hingga Kalikangkung. 

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi mengatakan, ganjil genap dan one way tersebut mulai berlaku pada 28 April 2022 di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek hingga Kalikangkung.

“(Lokasi ganjil-genap-Red) sama seperti pelaksanaan one way hanya di jalur one way. Memang direncanakan one way dari KM 47 Jakarta-Cikampek sampai dengan Kalikangkung,” ujar Eddy saat dikonfirmasi.

Eddy menuturkan, lokasi-lokasi di tol yang kerap menimbulkan kemacetan di musim mudik Lebaran 2022 ini, mulai dari di gerbang tol hingga rest area.

BACA JUGA:Inilah Jadwal One Way Tol Trans Jawa Musim Mudik dan Arus Balik Lebaran 2022

"Kepadatan dimungkinkan ada di gate tol karena orang akan tap kartu tol. Lalu exit yang akan masuk ke jalur arteri, botleneck (penyempitan jalur), rest area, pertemuan arus lalin, kendaraan yang mogok, perilaku pengemudi dan laka lantas,” ungkapnya.

Melansir Jawa Pos, Jumat 15 April 2022, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, adanya sistem ganjil genap dan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di jalan tol kendaraan guna mengatasi kemacetan di jalan tol di musim mudik Lebaran 2022 ini.

BACA JUGA:Mudik Lebaran Lintas Tol Trans - Jawa, Pemerintah Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Ganjil Genap dan One Way

“Terkait mekanisme rekayasa ini akan ada peraturan diberlakukan one way dari Kamis, Jumat sampai dengan Minggu. Sehingga nanti ada pengaturan mana yang boleh melintas, dan mana yang dibelokkan ke jalur arteri,” ujar Sigit, Jumat 15 April 2022.

Kapolri Listyo Sigit juga meminta jajarannya untuk bisa melakukan sosialisasi ke masyarakat adanya rekayasa lalu lintas ganjil genap dan one way ini di jalan tol tersebut.

"Nanti tolong disosialisasikan masyarakat sehingga pengaturan dan pemanfaatan one way bisa mengurai kemacetan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: