Tradisi Buka Puasa Bersama di Masjid Palembang dengan Sajian Menu Khas, Bubur Suro

Tradisi Buka Puasa Bersama di Masjid Palembang dengan Sajian Menu Khas, Bubur Suro

Bubur Suro menjadi menu spesial berbuka puasa di Masjid Al Mahmudiyah, Jalan Ki Gede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II Palembang. -Mushaful Imam/@kamerashaful-Instagram

PALEMBANG, DISWAY.ID-Kota Palembang memiliki salah satu menu khas yang selalu ada dan bisa dinikmati masyarakat umum secara gratis di bulan Ramadan.

Menu yang dimaksud adalah Bubur Suro.Tidak ubahnya bubur pada umumnya, Bubur Suro terbuat dari beras yang dimasak dicampur dengan daging bersama bumbu. 

Di Masjid AL Mahmudiyah atau Masjid Suro yang bertempat di Jalan Ki Gede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Bubur Suro menjadi daya tarik bagi masyarakat. 

Banyak yang datang untuk bersantap buka puasa dengan menu Bubur Suro.

Masjid Suro atau Pengurus Masjid Al Mahmudiyah, Mahmud Ali mengatakan, tradisi santap Bubur Suro ini sempat tertunda karena pandemi.

BACA JUGA:Tips Makan Nasi Padang Tanpa Khawatir Kolestrol Naik

“Dua tahun terakhir kita tetap buat, tapi dibagikan dan dibawa pulang. Sekarang sudah bisa kita gelar lagi sehingga bisa disantap secara bersama-sama,” kata Ali, Sabtu 16 April 2022 sore.

Dikatakannya, Bubur Suro sendiri tidak berbeda seperti bubur lainnya, yakni berbahan dasar beras yang dimasak menjadi bubur. 

Namun yang membedakan Bubur Suro adalah cara penyajiannya menggunakan sop daging serta bumbu yang dicampur menjadi satu.

“Sebanyak lima kilogram beras dimasak untuk disajikan kepada jemaah Masjid Suro untuk menu berbuka. Beras yang dimasak tersebut terus diaduk menjadi bubur selama tiga jam hingga matang dan mengental. Setelah matang, Bubur Suro dicampur dengan sop daging dan bumbu sop yang diaduk menjadi satu menggunakan api kecil,” katanya.

“Diaduk terus ini sampai tercampur semua. Setelah jadi, warnanya pun menjadi coklat dan siap dibagikan,” tambahnya yang juga juru masak Bubur Suro.

BACA JUGA:9 Daftar Menu Khas Ramadan dari Berbagai Daerah Indonesia

Lanjutnya, Bubur Suro yang telah siap dibagi menjadi dua bagian, satu untuk masyarakat sekitar yang ingin membawa pulang dan satunya untuk dibagikan kepada jemaah Masjid Suro untuk menu berbuka.

“Bagi masyarakat Kota Palembang yang ingin ikut menikmati gurihnya Bubur Suro, bisa langsung datang ke Masjid Suro yang berlokasi di Jalan Ki Gede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II sebelum Magrib” jelasnya.

Sumber: