Tradisi Muslim di Azerbaijan di Ramadan dan Idul Fitri, Tukar Makanan dan Berbagi Buat yang Kurang Mampu

Tradisi Muslim di Azerbaijan di Ramadan dan Idul Fitri, Tukar Makanan dan Berbagi Buat yang Kurang Mampu

Garabaghlar Mausoleum di Azerbaijan-twitter @Azerbaijan-

AZERBAIJAN, DISWAY.ID - Bulan suci Ramadan tahun ini semua umat muslim di dunia merayakan dengan penuh suka cita, termasuk juga umat muslim di AZERBAIJAN yang memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Seperti diketahui, Azerbaijan merupakan negara yang terletak di kawasan Caucasus, dimana penduduknya 95 persen adalah umat muslim. 

Sama seperti negara-negara lain yang menyambut suka cita bulan Ramadan, di Azerbaijan pun masyarakat memiliki antusiasme yang tinggi dalam menyambut bulan yang penuh berkah ini.

Tahun ini, umat muslim di negara yang dijuluki ‘Negeri Api’ ini mulai merayakan Ramadan pada tanggal 2 April 2022.

BACA JUGA:Pasca Grup Musik Debu Kecelakaan Maut di Tol Probolinggo, Unggahan Sang Vokalis Banjir Ucapan Doa

Sama halnya seperti di Indonesia, sejak puasa hari pertama di sana, antusiasme masyarakat terlihat dari nuansa yang terlihat di berbagai penjuru kota.

Masyarakat Azerbaijan menyelenggarakan lomba pacuan kuda, sebagai salah satu bentuk rasa untuk menunjukkan kebahagiaan mereka. 

Selain itu, mereka juga mendekorasi jalanan dengan berbagai atribut Ramadan, serta masyarakat saling bertukar ucapan selamat terkait datangnya bulan suci. 


Kenal lebih dekat dengan masyarakat muslim di Azerbaijan-ASEAN Youth Organisation-

Selama Ramadan, stasiun TV di Azerbaijan banyak menayangkan program keagamaan untuk meningkatkan kesadaran tentang sholat, puasa, dan zakat. 

Kegiatan keagamaan juga banyak dilakukan di masjid-masjid di Azerbaijan. Biasanya, terdapat kegiatan siraman rohani dan juga pembacaan ayat suci Al - Quran secara bersama-sama. 

Di beberapa masjid juga bisa ditemukan adanya kegiatan buka puasa bersama. Tentu, antusiasme warga dalam mengikuti kegiatan ini sangat tinggi.

Usai berbuka puasa, masyarakat muslim di Azerbaijan juga melakukan sholat taraweh di masjid.

Para Imam menyampaikan pesan- pesan keagamaan melalui khotbahnya dalam rangkaian pelaksanaan sholat taraweh tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: