Hasil Tes Bahan Makanan dari Pasar Kayuagung, Mie Kuning Basah Mengandung Formalin

Hasil Tes Bahan Makanan dari Pasar Kayuagung, Mie Kuning Basah Mengandung Formalin

Hasil tes sampel bahan makanan dari pasar Kayuagung, OKI, Senin 18 April 2022.--Sumeks.co

OKI, DISWAY.ID-Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bersama Dinas Perdagangan dan Tim Pidsus Polres OKI melakukan sampel makanan dari sejumlah pedagang di Pasar Kayuagung, OKI

Sampel makanan yang dites berupa mie kuning basah, tahu, ikan asin, mie ayam, cincau dan kolang kaling. 

Hasil tes dari sampel makanan adalah mie kuning basah positif mengandung formalin

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI Alamsyah didampingi Kanit Pidsus Iptu Wahyudi dan perwakilan Dinkes mengatakan, semua sampel makanan khususnya makanan yang tergolong mengandung formalin diambil sampelnya untuk dilakukan uji.  Yakni apakah mengandung formalin dan zat berbahaya.

“Sehingga tadi dilakukan cek sampel makanan dari sejumlah pedagang yang ada di Pasar Kayuagung. Rata-rata semua pedagang diambil sampelnya. Tadi sebanyak 16 sampel makanan yang diambil. Dari itu ada empat sampel makanan berupa mie kuning basah mengandung formalin,” kata Alamsyah, sebagaimana dikutip dari Sumeks.co, Senin 18 April 2022.

Lanjut Alamsyah, sidak diawali penyuluhan dari BPPOM Palembang beberapa waktu lalu kepada pedagang. 

Sidak  memastikan ke pedagang, ternyata terbukti ada mie basah mengandung formalin.

“Padahal telah melakukan himbauan ke pedagang agar tidak menggunakan bahan format dan zat pewarna lainnya pada makanan yang dijual,” ujar Alamsyah.

Sementara itu Kanit Pidsus Polres OKI Iptu Wahyudi SH menegaskan, dengan adanya hasil tes sampel makanan pada sidak hari ini dan terbukti mie basah mengandung formalin.

Maka pihaknya akan melakukan tindak lanjutnya. Dengan tujuan pedagang tidak lagi menjual bahan makanan yang mengandung formalin. (nis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: